Penang Street Food: Rojak Pasembur




Penang Street Food. Foto: Dok. Karina Ayu Budiani.

Nah ini dia makanan khas Penang yang memadukan aneka jenis bahan. Sekilas akan terbayang aneka buah segara disiram sambal campuan gula dan cabai. Tapi ‘rojak’ yang satu ini berbeda. Rojak Pasembur adalah gabungan berbagai macam hidangan yang sebagian besar dimasak dengan cara digoreng, dalam bahasa kekinian ‘gorengan’.

Saking banyaknya gorengan yang dijajar di atas truck makanan penjual Rojak Pasembur, saya sedikit kesulitan berbagi jenisnya dengan anda. Tapi yang jelas, beberapa gorengan yang saya ingat adalah otak-otak (dengan berbagai bentuk), rajungan, bakwan udang, baso ikan, tahu. Pembeli bebas memilih berapa item yang ingin dimakan, tentunya harga akan menyesuaikan, dan jangan khawatir karena setiap item sudah dicantumkan harganya.

Semua gorengan tadi akan dipotong-potong lalu diberi irisan timun dan kuah kental berwarna merah kecoklatan. Kuah Rojak Pasembur ini juaranya. Sekilas mirip kuah otak-otak Bangka tapi dengan tekstur lebih pekat dan agak lebih manis. Irisan timun membuat kombinasi rasa aneka gorengan yang mayoritas berbahan seafood menjadi seimbang.

Ciri khas lain adalah makanan ini biasa dijajakan oleh warga keturunan India. Enaknya menyantap menu ini adalah pembeli bisa memilih sendiri apa yang mau dicampur ke dalam Rujak Pasembur yang ingin kita nikmati. So, create your own Rojak Pasembur!!

 

Penulisnya: Karina Ayu Budiani

 

 




Ayo baca ini juga….