Pemberontakan Dii/Tii

mentor

Pemberontakan DII/TII merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Pemberontakan ini dipimpin oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo dan bertujuan untuk mendirikan negara Islam di Indonesia.

Jawa Barat menjadi salah satu daerah utama yang dilanda pemberontakan ini. Pemberontakan DII/TII di Jawa Barat dimulai pada tahun 1948 dan baru berakhir pada tahun 1962 setelah Kartosoewirjo ditangkap dan dieksekusi mati.

Pembahasan dan Penjelasan

tii pki

Jawaban B: Jawa Barat

Pemberontakan DII/TII memang terjadi di Jawa Barat, sebagaimana yang ditunjukkan oleh 987 orang yang setuju dengan jawaban ini. Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang paling terdampak oleh pemberontakan ini, terutama di wilayah selatan seperti Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.

Jawaban Lainnya

* **Jawaban A: Aceh**
Salah. Pemberontakan DII/TII di Aceh dipimpin oleh Daud Beureu’eh dan dikenal dengan nama Pemberontakan DI/TII Aceh.
* **Jawaban C: Jawa Tengah**
Salah. Meskipun pemberontakan DII/TII juga terjadi di Jawa Tengah, tetapi daerah utama pemberontakan ini adalah Jawa Barat.
* **Jawaban D: Sulawesi Selatan**
Salah. Pemberontakan DII/TII di Sulawesi Selatan dipimpin oleh Kahar Muzakkar dan dikenal dengan nama Pemberontakan DI/TII Sulawesi Selatan.
* **Jawaban E: Kalimantan Selatan**
Salah. Pemberontakan DII/TII di Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hadjar dan dikenal dengan nama Pemberontakan DI/TII Kalimantan Selatan.

Kesimpulan

Pemberontakan DII/TII

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang benar adalah **B: Jawa Barat**. Pemberontakan DII/TII di Jawa Barat merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia dan memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat dan perkembangan negara Indonesia.

Baca Juga :  Panduan Komprehensif: Penggunaan "Find", "Found", dan "Found" yang Tepat

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags