Pemberontakan Dii/Tii

mentor

## Pemberontakan yang Menggoyang Republik

**Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DII/TII)** merupakan sebuah pemberontakan separatis yang terjadi di Indonesia pasca-kemerdekaan. Pemberontakan ini dipicu oleh ketidakpuasan terhadap pemerintah pusat dan keinginan untuk mendirikan negara Islam di Indonesia. Pemberontakan ini berlangsung selama bertahun-tahun dan melibatkan beberapa daerah di Indonesia, seperti Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

## Daerah yang Terlibat Pemberontakan DII/TII

### Aceh
Pemberontakan DII/TII di Aceh dipimpin oleh Daud Beureueh. Pemberontakan ini dimulai pada tahun 1953 dan berakhir pada tahun 1962. Pemberontak DII/TII di Aceh mendirikan negara Islam bernama “Darul Islam Aceh”.

### Jawa Barat
Pemberontakan DII/TII di Jawa Barat dipimpin oleh Kartosoewirjo. Pemberontakan ini dimulai pada tahun 1949 dan berakhir pada tahun 1962. Pemberontak DII/TII di Jawa Barat mendirikan negara Islam bernama “Negara Islam Indonesia”.

### Jawa Tengah
Pemberontakan DII/TII di Jawa Tengah dipimpin oleh Amir Fatah. Pemberontakan ini dimulai pada tahun 1949 dan berakhir pada tahun 1950. Pemberontak DII/TII di Jawa Tengah mendirikan negara Islam bernama “Negara Islam Indonesia”.

### Sulawesi Selatan
Pemberontakan DII/TII di Sulawesi Selatan dipimpin oleh Kahar Muzakkar. Pemberontakan ini dimulai pada tahun 1951 dan berakhir pada tahun 1965. Pemberontak DII/TII di Sulawesi Selatan mendirikan negara Islam bernama “Negara Islam Indonesia Timur”.

### Kalimantan Selatan
Pemberontakan DII/TII di Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hadjar. Pemberontakan ini dimulai pada tahun 1950 dan berakhir pada tahun 1963. Pemberontak DII/TII di Kalimantan Selatan mendirikan negara Islam bernama “Negara Islam Kalimantan”.

## Penyebab Pemberontakan DII/TII

Penyebab utama pemberontakan DII/TII adalah ketidakpuasan terhadap pemerintah pusat. Pemberontak DII/TII menganggap pemerintah pusat tidak memenuhi kebutuhan rakyat dan tidak sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, pemberontak DII/TII juga ingin mendirikan negara Islam di Indonesia.

Baca Juga :  Pernyataan Proklamasi

## Dampak Pemberontakan DII/TII

Pemberontakan DII/TII memiliki dampak yang besar terhadap Indonesia. Pemberontakan ini menyebabkan banyak korban jiwa dan kerugian material. Selain itu, pemberontakan ini juga menghambat pembangunan Indonesia.

## Penumpasan Pemberontakan DII/TII

Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk menumpas pemberontakan DII/TII. Upaya-upaya tersebut antara lain operasi militer, negosiasi, dan propaganda. Pada akhirnya, pemberontakan DII/TII berhasil ditumpas pada tahun 1965.

## Kesimpulan

**Pemberontakan DII/TII** merupakan sebuah pemberontakan separatis yang terjadi di Indonesia pasca-kemerdekaan. Pemberontakan ini disebabkan oleh ketidakpuasan terhadap pemerintah pusat dan keinginan untuk mendirikan negara Islam di Indonesia. Pemberontakan ini berlangsung selama bertahun-tahun dan melibatkan beberapa daerah di Indonesia. Pemerintah Indonesia akhirnya berhasil menumpas pemberontakan ini pada tahun 1965.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags