Sun. Apr 21st, 2019

Nelayan Tual Bakal Dilatih Keselamatan Berlayar Gratis

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memberikan pelatihan keselamatan, juga surat pembuatan perizinan kapal nelayan. Gratis! Janji ini diucapkannya usai mendengarkan aspirasi para nelayan di Pelabuhan Yos Sudarso, Tual, Maluku pada Rabu (27/3/2019).

“Kami akan sediakan pendidikan dan pelatihan di sini untuk 1.000 orang,” kata Menhub, yang akan mengusahakan pengiriman guru atau trainer untuk memberikan pendidikan dan latihan tentang keselamatan. Dengan demikian, para nelayan bisa mendapatkan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) untuk berlayar.

Sementara itu, untuk pembuatan surat perizinan kapal nelayan secara gratis, Menhub akan mengirimkan tim. Syaratnya adalah dapat terkumpul 500-1.000 nelayan dalam waktu satu minggu ini.

Aspirasi lain dari para nelayan adalah permintaan untuk pelebaran dermaga demi meningkatkan kapasitas pelabuhan. “Kita akan mapping lagi karena pelabuhan ini baik. Namun karena di sekitarnya ada permukiman penduduk, maka saya minta agar Pemda mendata lagi. Kalau pelabuhan ini mau dibangun oleh Kemenhub, Pemda harus siapkan lahannya,” tutur Menhub.

Jika sudah ada data baru dan lahan siap, kata Menhub, Kemenhub dapat memperlebar dermaga dan tempat penumpukan barang agar tenaga kerja bongkar muat bekerja dengan baik.

Masyarakat dan nelayan Kota Tual memang sudah memiliki kemandirian ekonomi. Komoditas ikan dan rumput laut yang dihasilkannya bukan cuma untuk konsumsi sendiri saja, tapi sudah bisa dikirim ke Jakarta.

Foto: BKIP Kemenhub

Baca juga ini ya...