Thu. Apr 18th, 2019

Mitra Tenan dan Kargo AP I Semakin Mudah Bayar Tagihan Sistem H2H

bni

Kredit foto: Dok. AP I.

Bank Negara Indonesia (BNI) bekerja sama dengan Angkasa Pura I (AP I) dalam implementasi sistem Host to Host (H2H) pembayaran tagihan melalui Virtual Account (VA) dan penggunaan VA Debit atau Debit-Kredit.

Layanan ini meliputi penyediaan H2H untuk pembayaran dari mitra AP I terkait tenan dan kargo, serta VA Debit Kredit digunakan untuk operasionalnya.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, dengan Novrihandri, Direktur Keuangan AP I di kantor BNI, Jakarta, Rabu (26/12/2018).

BNI memberikan solusi pembayaran tagihan H2H untuk memberikan kemudahan pembayaran bagi pengguna jasa aero dan nonaero di seluruh bandara yang dikelola oleh AP I. Berbagai channel BNI seperti Cabang, Internet Banking, bahkan dari bank lain menggunakan kliring dan RTGS dapat digunakan untuk memanfaatkan fasilitas H2H tersebut.

BNI juga mengembangkan solusi khusus VA debit/kredit untuk meningkatkan kontrol biaya operasional bagi AP I.

Selain itu, BNI dan AP I juga mengembangkan VA Debit khusus Logistik di Terminal Kargo AP I untuk mencegah adanya risiko penyalahgunaan uang tunai, menawarkan nilai tambah bagi mitra, pengirim barang dan pengguna jasa, sekaligus menghasilkan pengelolaan keuangan yang lebih terpadu, efektif dan efisien antara AP I Group.

Dengan pertumbuhan bisnis AP I ini, Sulistyowati mengatakan bahwa BNI memberikan dukungan penuh untuk bisnis Angkasa Pura I Group dalam mewujudkan cashless dan digital airport yang dimulai dari Angkasa Pura Logistik.

Fasilitas ini mulai diterapkan di 5 bandara besar seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Melalui sinergi ini, kami berharap BNI dapat senantiasa mendukung dan memberikan kemudahan dalam memonitor aktivitas bisnis perusahaan dan mitra usaha dalam pelayanan & transaksi perbankan khususnya melalui channel BNI & layanan Host to Host Virtual Account,” ujar Novrihandri.

Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara saat ini sedang gencar melakukan pembangunan dan pengembangan bandara-bandara sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa.

“Pengembangan sistem cash management di Angkasa Pura I dalam penerimaan dan pembayaran dengan BNI akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas keuangan serta meningkatkan kualitas layanan di 13 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I,” tutupnya.

Baca juga ini ya...