Menjejakkan Kaki di Moskow




Lapangan Merah, Moskow. Foto: Reni Rohmawati.
Lapangan Merah, Moskow. Foto: Reni Rohmawati.

Assalamualaikum semua …

Sampai juga kaki ini ke Red Square. Area paling hit di Moskow ini yang pertama dikunjungi dalam tur Moskow-Saint Petersburg pada 3-12 Oktober 2018. Area ini merupakan kawasan wisata sejarah Moskow, yang letaknya berdekatan. Ada St Basil Cathedral, Moscow Kremlin, Bolshoi Theatre, juga GUM Shopping Mall.

Di GUM Shopping Mall sedang diadakan tampilan aneka buah yang segar-segar, termasuk jus dan roti. Terbayang kan, ada anggur hijau dan ungu kehitaman yang ranum, delima, jeruk, apel, plum, kesemek kuning, peach, ceri, serta banyak lagi. Begitu juga di depan pintu masuk Red Square, aneka labu dipajang dan direka menjadi perahu, astronot, dan bentuk binatang. Ada juga labu raksasa berdiameter sekitar 70cm.

Berbagai area dijelajahi, termasuk kemudian bisa berkunjung dan sholat di Mesjid Katedral Moskow. Ini mesjid utama di Rusia, yang dibangun tahun 1904 sesuai rancangan arsitek Nikolay Zhukov dan sekarang menjalani pembangunan ulang. Mesjid ini dijuluki “Mesjid Tatar” karena didominasi oleh arsitektur Tatar.

Pasti yang paling diminati adalah The Memorial Museum of Cosmonautics. Museum yang dikenal juga sebagai Memorial Museum of Astronautics atau Memorial Museum of Space Exploration ini didedikasikan untuk mengeksplotasi ruang angkasa. Lokasinya di area monumen penguasaan ruang angkasa di timur laut kota Moskow.

Sejarah penerbangan, astronomi, eksplorasi dan teknologi ruang angkasa, serta seni dalam ruang angkasa, ditampilkan dengan menarik; mengundang penjelajahan ke semua sudut. Hampir dua jam penjelajahan di museum yang asyik ini.

Lanjut ke tempat indah dengan situs yang paling penting, yakni Air Mancur Persahabatan Rakyat. Air mancur di Taman VDNKh ini masih menjadi air mancur yang paling terkenal di Rusia. Katanya, situs ini seharusnya menjadi lokasi pembangunan monumen untuk Stalin. Namun pada tahun 1954 kultus pemujaan Stalin berakhir. Sebagai gantinya, dibangun air mancur yang dalam perencanaannya sebagai “Air Mancur Utama” di Rusia.

Air mancur ini juga aering disebut sebagai “Air Mancur Perempuan” atau “Air Mancur Emas” karena di sekitar mata air terdapat patung 16 perempuan mengenakan pakaian nasional bersepuh emas, yang masing-masing melambangkan 16 republik Soviet. Di tengahnya terdapat sejumput besar tanaman utama yang populer kala itu: gandum, bunga matahari, dan rami. Sayangnya, air mancur sedang direkonstruksi, sehingga hanya bisa difoto tanpa air mancur.




Ayo baca ini juga….