Menhub Buka Giat Lokakarya Media Massa 2018




menhub
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memberikan pidato sambutan pada giat Lokakarya Media Massa 2018 di Lobby Gedung Karsa Kementerian Perhubungan, Jumat (2/11/2018). Foto: BKIP Kemenhub.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi secara resmi membuka kegiatan Lokakarya Media Massa 2018 yang digelar di Lobby Gedung Karsa Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jumat (2/11/2018).

Lokakarya Media Massa 2018 merupakan kegiatan yang digagas Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub). Giat ini bertemakan “Perkembangan Transportasi di Tanah Air khususnya Selatan Jawa Barat (Jabar) dalam Meningkatkan Konektivitas”.

Dalam pidato sambutannya, Budi menyebut giat tersebut sebagai inovasi yang baik dari Forwahub. Pemilihan lokasi lokakarya di Jabar bagian Selatan juga relevan dengan apa yang telah dilakukan pemerintah, khususnya Kemenhub.

“Ini menjadi tepat karena konektivitas yang jadi visi dan misi presiden harus dikawal dengan baik dan dalam berbagai kesempatan presiden menyampaikan bahwa konektivitas di pelosok pinggiran harus di-develop,” kata Budi.

Budi juga menyoroti soal kunjungan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati yang menjadi rangkaian dalam kegiatan ini.

“Kertajati adalah suatu ide yang baik dari Pemda Jabar, di mana mereka mengeluarkan APBD untuk digabung dengan APBN. Ini satu format yang harus disampaikan ke masyarakat bahwa infrastruktur enggak mungkin dibangun pakai APBN saja,” katanya.

Menutup sambutannya, Budi menyampaikan bahwa lokakarya ini bisa menjadi kolaborasi yang baik antara wartawan dengan Kemenhub. Oleh karenanya, hal tersebut perlu selalu dijaga keberadaannya.

“Banyak hal masih kurang dari kami tapi saya yakin kekompakan dari Kemenhub dan Forwahub bisa menyadari apa yang kurang dan kemudian memperbaiki,” pesan Budi.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP), Baitul Ihwan, tujuan dilakukannya kegiatan ini selain sebagai sarana memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang sektor transportasi kepada media, kegiatan ini juga sebagai sarana membina hubungan yang lebih baik lagi antara Kemenhub dengan rekan-rekan media, khususnya dengan rekan–rekan Forwahub yang selama ini telah mendukung publikasi informasi Kemenhub melalui pemberitaan di media baik itu cetak, radio, televisi maupun online.

Pada kesempatan sama, Ketua Forwahub, Mohammad Zaki Alatas mengemukakan, Lokakarya ini merupakan agenda tahunan hasil kolaborasi antara Forwahub dan Kemenhub. Adapun tujuan Lokakarya 2018 ini adalah untuk mengulas pembangunan infrastruktur transportasi Jawa Barat (Jabar) bagian Selatan.

“Tahun ini fokus lokakarya di Jawa Barat bagian Selatan karena kami melihat Jawa Barat sekarang punya ikon baru tapi belum diketahui banyak orang. Salah satunya (Bandara) Kertajati yang dibangun menggunakan APBN dan APBD, itu masih kurang diminati oleh masyarakat,” katanya.

Zaki berharap lokarya tersebut mampu menjadi sarana bagi wartawan di lingkungan Kemenhub untuk menyajikan berita yang akurat tentang kondisi infrastruktur transportasi dan penyangganya di Jabar bagian Selatan.




Ayo baca ini juga….