Wed. Jun 19th, 2019

Menanti Peresmian NYIA, Jadikah Awal April 2019?

Assalamualaikum semua …

Bandara Internasional Yogyakarta Baru atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) kabarnya akan diresmikan untuk penerbangan internasional perdana pada 7 April 2019. Apakah semua persiapannya sudah siap?

Kabar yang diterima dari rilis pers pada 9 Maret 2019 bahwa per 3 Maret 2019, pembangunan NYIA untuk tahap operasional terminal internasional mencapai 76,5 persen. Dalam sebulan lagi, pembangunannya tentu harus selesai 100 persen.

Disebutkan pula dalam rilis tersebut, target pembangunan NYIA fase 1 akan selesai 100 persen pada Desember 2019. Pernyataan ini lebih realistis daripada harus diresmikan operasionalnya pada April 2019, walaupun hanya untuk penerbangan internasional.

Jika peresmian itu untuk alasan politis, kenapa tidak meresmikan rampungnya pembangunan terminal untuk penumpang internasional saja? Tidak harus memaksakan adanya operasional penerbangan. Setidaknya, Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Pemerintah sekarang kepada Angkasa Pura I ini bisa dikukuhkan sebelum 17 April 2019.

Untuk operasional penerbangan di suatu bandara baru, salah satunya harus dilakukan proofing flight. Berapa lama evaluasi dari pemeriksaan penerbangan atau uji terbang itu dilaksanakan sebelum penerbangan komersial dilakukan?

Jawabannya memang tergantung dari hasil uji terbang itu. Namun umumnya tidak bisa hanya satu-dua hari, bahkan seminggu, kemudian bisa diterbangi. Keselamatan penerbangan pasti menjadi prioritas.

Di sisi lain, apakah maskapai penerbangan yang akan terbang ke Singapura atau Kuala Lumpur, salah satunya AirAsia, itu siap? Tidak mudah memboyong prasarana dan sarana untuk operasionalnya di bandara baru. Maskapai tentu memiliki SOP (prosedur standar operasi) ketat dalam menjamin keselamatan penerbangannya.

Pembangunan NYIA Kulon Progo, katanya, mendesak untuk dibangun mengingat Bandara Adisutjipto di Yogyakarta sudah dalam kondisi lack of capacity. Saat ini pembangunan bandara baru itu sedang dikerjakan. Namun tentu bukan untuk terburu-buru dioperasionalkan karena pembangunan bandara tidaklah sederhana.

Harus cepat dan tepat itu pasti, tapi bukan terburu-buru. Karena menurut hemat kami –tulisan ini hasil bincang-bincang dengan teman-teman pemerhati bandara– peresmian dengan operasional penerbangan itu terkesan terburu-buru.

Baca juga ini ya...