Wed. Jun 19th, 2019

Maskapai Vietnam Airlines Segera Melenggang di Lantai Bursa

vietnam airlines

Armada pesawat A321neo Vietnam Airlines. Foto: Airbus.

Maskapai penerbangan Vietnam Airlines akan mencatatkan sahamnya di bursa efek Vitenam, Hochiminh Stock Exchange pada April 2019 mendatang. Demikian pernyataan resmi tersebut diungkapkan perusahaan.

Menukil pemberitaan Reuters, Selasa (11/12/2018), lebih dari 80 persen saham maskapai penerbangan nasional Vietnam tersebut dimiliki oleh pemerintahnya. Sementara itu, 8,77 persen saham dimiliki oleh ANA Holdings dari Jepang.

Melalui surat elektronik (surel), pihak Vietnam Airlines menyatakan akan mencatatkan 1,4 miliar sahamnya ke bursa efek.

Sebelumnya, maskapai berencana melenggang di lantai bursa pada kuartal I 2019, namun kemudian ditetapkan pada April 2019.

Listing saham akan dilakukan setidaknya pada awal April tahun depan,” sebut pihak Vietnam Airlines.

Dari pemberitaan Nikkei, dengan melantai di bursa akan memungkinkan Vietnam Airlines meningkatkan profilnya dan memosisikan diri untuk membiayai perkembangan jajaran armadanya.

Langkah ini dilakukan perusahaan untuk menghadapi peningkatan persaingan dengan maskapai berbiaya rendah (low-cost carrier/LCC).

Bila rencana ini terwujud, maka Vietnam Airlines akan menjadi salah satu perusahaan terbesar yang sahamnya tercatat di bursa Vietnam.

Hal ini sejalan pula dengan derasnya arus modal asing yang masuk ke perusahaan penerbangan itu.

Vietnam Airlines sendiri menyaksikan pesaing-pesaingnya memakan pangsa pasar. Aktor pendatang baru di kelas layanan penerbangan ini adalah Bamboo Airways, yang akan mulai mengudara pada akhir tahun.

Beberapa maskapai LCC seperti AirAsia dan Lion Air pun termasuk beberapa pesaing berat bagi Vietnam Airlines.

Sebagai respon ketatnya persaingan, Vietnam Airlines menambah penerbangan ke kota-kota lainnya, baik di domestik maupun internasional.

Baca juga ini ya...