Wed. May 22nd, 2019

Maskapai Asal Portugal Usung Penerbangan Bebas Plastik

hi fly

Armada pesawat Airbus A340-313 maskapai Hi Fly. Kredit foto: Planespotters.net

Maskapai penerbangan asal Portugal, Hi Fly, selama liburan akhir pekan menjadi penerbangan penumpang pertama dengan operasional sepenuhnya tanpa plastik sekali pakai.

Menukil dari Hypebeast, dengan mengoperasikan armada pesawat Airbus A340 yang membawa 700 penumpang dari Libson menuju Brazil, Hi Fly melakukan uji coba penerbangan bebas plastik tersebut pada 27 Desember lalu.

Sebagai pengganti plastik, penumpang dikenalkan dengan alat pemotong bambu, pengemasan kompos dan bahan ramah lingkungan lainnya.

Barang-barang plastik sekali pakai yang diganti mulai dari peralatan makan, gelas dan piring, hingga barang-barang lain seperti sick bags, kemasan tempat tidur, kemasan mentega, botol minuman hingga sikat gigi.

Manajemen maskapai tersebut berharap akan meluncurkan tiga uji terbang lagi tanpa bahan sintetis dalam waktu dekat.

Langkah inovatif yang dilakukan perusahaan ini diperkirakan berhasil memangkas 350 kilogram plastik dalam sekali percobaan penerbangan.

“Misi perusahaan kami didasarkan pada keberlanjutan dan kami bekerja sama dengan Yayasan Mirpuri untuk memastikan bahwa praktik perusahaan kami sesuai dengan tanggung jawab kami yang lebih luas terhadap planet ini,” kata Presiden Hi Fly, Paulo Mirpuri.

Baca juga ini ya...