Lompat Tinggi Gaya Straddle

mentor

Dalam dunia atletik, lompat tinggi merupakan salah satu cabang yang memukau. Salah satu teknik yang digunakan adalah gaya straddle, di mana atlet melompati mistar dengan kaki terentang lebar.

Gaya straddle telah menjadi bagian tak terpisahkan dari lompat tinggi sejak diperkenalkan oleh Dick Fosbury pada Olimpiade 1968. Teknik ini memungkinkan atlet untuk melintasi mistar dengan efisiensi dan ketinggian yang luar biasa.

Teknik Lompat Tinggi Gaya Straddle

Lompat Tinggi Gaya Straddle

Langkah Awal

Atlet memulai dengan serangkaian langkah lari untuk mendapatkan momentum. Jarak dan kecepatan langkah bervariasi tergantung pada ketinggian mistar dan kemampuan atlet.

Melompat ke Atas

Saat mendekati mistar, atlet mencondongkan tubuh ke belakang dan mengangkat kaki depan mereka tinggi-tinggi. Kaki belakang tetap lurus dan memberikan dorongan ke atas.

Melewati Mistar

Ketika tubuh berada di atas mistar, atlet melebarkan kaki mereka dan mengayunkan kaki depan ke atas dan ke depan. Kaki belakang terayun ke belakang, membantu atlet melewati mistar.

Mendarat dengan Aman

Setelah melewati mistar, atlet mendarat di atas matras pendaratan dengan kaki lurus dan lutut ditekuk untuk menyerap benturan.

Keunggulan Lompat Tinggi Gaya Straddle

Fleksibilitas

Gaya straddle memungkinkan atlet untuk menyesuaikan sudut lompatan mereka dengan ketinggian mistar. Ini sangat menguntungkan atlet yang memiliki ketinggian tubuh yang berbeda.

Efisiensi

Teknik straddle memungkinkan atlet untuk melewati mistar dengan ketinggian yang lebih besar menggunakan energi yang lebih sedikit. Hal ini karena kaki terentang memberikan jangkauan yang lebih luas.

Baca Juga :  Tasrif Lughowi Fi'il Amr: Panduan Lengkap untuk Memahami Perintah dalam Bahasa Arab

Kemampuan Menyesuaikan

Atlet dapat menyesuaikan jarak langkah awal, sudut lompatan, dan waktu ayunan kaki untuk mengoptimalkan kinerja mereka berdasarkan kondisi dan ketinggian mistar.

Atlet Terkenal yang Menguasai Lompat Tinggi Gaya Straddle

Lompat Tinggi Gaya Straddle

Dick Fosbury

Atlet Amerika ini memperkenalkan gaya straddle pada tahun 1968 dan merevolusi olahraga lompat tinggi. Ia memenangkan medali emas Olimpiade dan memecahkan rekor dunia pada tahun yang sama.

Javier Sotomayor

Atlet Kuba ini memegang rekor dunia lompat tinggi gaya straddle putra dengan ketinggian 2,45 meter yang dicetak pada tahun 1993. Ia dikenal dengan teknik straddle yang sempurna dan dominasinya di olahraga ini.

Stefka Kostadinova

Atlet Bulgaria ini memegang rekor dunia lompat tinggi gaya straddle putri dengan ketinggian 2,09 meter yang dicetak pada tahun 1987. Ia terkenal dengan teknik straddle yang presisi dan konsistensinya.

Kesimpulan

Lompat tinggi gaya straddle adalah teknik yang menarik dan mengesankan dalam dunia atletik. Teknik ini memungkinkan atlet untuk melompati mistar dengan ketinggian yang luar biasa menggunakan fleksibilitas, efisiensi, dan kemampuan menyesuaikan.

Atlet-atlet seperti Dick Fosbury, Javier Sotomayor, dan Stefka Kostadinova telah menunjukkan kehebatan gaya straddle dan menginspirasi generasi atlet berikutnya. Teknik ini terus menjadi pilihan utama bagi atlet yang ingin menguasai lompat tinggi dan meraih kesuksesan di arena atletik.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags