Lion Air Diaudit Khusus




Ramp Check terhadap seluruh operasional penerbangan di Indonesia oleh Kementerian Perhubungan. Foto: Dok. Humas DJPU.
Ramp Check terhadap seluruh operasional penerbangan di Indonesia oleh Kementerian Perhubungan. Foto: Dok. Humas DJPU.

Kementerian Perhubungan melakukan special audit atau audit khusus pada Lion Air. Audit dilakukan terkait terjadinya kecelakaan JT 610 (29/10) pesawat Boeing 737 MAX 8 beregistrasi PK-LQP.

“Kalau kemarin kan investigasi terhadap Boeing 737 Max 8, sekarang special audit. Special audit ini mencakup intensifikasi pesawat-pesawat 737 itu; mengaudit SOP (standard operational procedurs)-nya,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai membuka Lokakarya Forum Wartawan Kementerian Perhubungan (Forwahub) bekerja sama dengan Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kementerian Perhubungan di Jakarta, Jumat (2/11).

Seluruh log book pesawat MAX 8 diaudit, begitu juga semua pilotnya. “Pada semua pilot kita lakukan assessment dan kita tanya. Bisa jadi juga kita melakukan audit terhadap manufakturnya. Kita akan tanyakan spesifikasinya, fungsi avioniknya. Nantinya, special audit akan dijadikan sebagai masukan bagi KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi),” ucap Menhub, yang memperkirakan audit khusus itu akan selesai dalam satu-dua minggu.

Di luar konteks itu, lanjut Menhub, pihaknya melakukan upaya preventif dengan melakukan ramp check terhadap 40% pesawat Lion Air. Tentang sanksi, Menhub menyebut akan membaca peraturan. “Kami akan tindak tegas sesuai rekomendasi KNKT. Kita lihat dengan berbagai pertimbangan; bukan dari bisnisnya, tapi layanannya,” ucapnya.

Kemenhub juga terus berupaya untuk mempertahankan pencapaian dalam keselamatan dan keamanan penerbangan dari hasil audit ICAO. “Upaya kita, pertama self assessment yang kita lakukan seperti special audit dan ramp check. Kedua meninjau regulasi yang ada dan ketiga kita menghubungi ICAO, Uni Eropa, dan IATA untuk minta pendampingan. Secara objektif, apa yang harus kita perbaiki,” tutur Menhub.




Ayo baca ini juga….