Sat. Apr 20th, 2019

Kumpul Seru di Hanggar IFC Pondok Cabe

Assalamualaikum semua …

Kumpul-kumpul sesama pecinta dirgantara sungguh menyenangkan. Barangkali karena sudah lama tak bertemu mereka. Namun pastinya kumpul-kumpul itu memang asyik dan seru. Apalagi kalau topik yang diperbincangkan adalah hal-hal yang kita minati. Indonesia Flying Club (IFC) tahu itu, sehingga acara “Yearly Gathering 2019” pun diadakan di hanggarnya di Lapangan Terbang (Lapter) Pondok Cabe, Minggu (20/1/2019).

Ada juga misi penting yang bisa disampaikan pada acara kumpul-kumpul itu. Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara, Capt Avirianto yang hadir pada gathering IFC itu pun menyisipkan pesan agar insan dirgantara khususnya, terus meningkatkan kesadaran betapa pentingnya keselamatan penerbangan.

“Kami berterima kasih, IFC mengadakan acara seperti ini, yang bisa meningkatkan minat para tunas muda pada penerbangan. Yang utama adalah bisa menjaga dan meningkatkan keselamatan,” kara Avirianto.

IFC yang saat ini menjadi wadah bagi lulusan sekolah pilot (ab initio) memang berupaya untuk memberi mereka tambahan ilmu dan pengetahuan, khsusnya tentang safety. Kegiatan-kegiatan yang bermanfaat pun diadakan agar mereka juga bisa terus mengasah keterampilannya.

Ketua IFC Sigit Samsu mengatakan, kumpul-kumpul itu juga untuk mengingat hari jadi FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) pada 17 Januari —didirikan tahun 1972. “Kalau IFC didirikan pada tahun 2004. Pendirinya, antara lain, Chepy Nasution, Philip, Capt Faisal. Banyak kegiatan yang sudah dilakukan, salah satunya membangun hanggar, bahkan terbang cross country ke Ipoh, Malaysia,” ujarnya.

Kata Faisal yang ikut cross country pada tahun 2004 itu, rutenya dari Pondok Cabe ke Palembang, terus ke Pekanbaru, lanjut ke Malaka, sampai Ipoh. Begitu pula sebaliknya. Ada tiga pesawat swayasa dan microlight yang ikut serta, dua di antaranya adalah Jabiru. Kegiatan olah raga terbang dengan pesawat ringan tersebut terus dilakukan IFC sampai kini.

Banyak yang hadir pada acara kumpul-kumpul, yang salah satu menu menariknya adalah pesta durian itu, Ada Kepala STPI Curug Capt Novyanto Widadi, Kepala Sekolah sekaligus pemilik Perkasa Flight School Septo Adji Sudiro, dan Ketua Pordirga Microlight Untung Medianto, serta para senior olah raga dirgantara. Hadir pula komunitas Pilotos, komunitas pecinta motor besar Harley Davidson.

Para undangan mengapresiasi adanya acara tersebut dan mengajak untuk menjalin kerja sama. Avirianto pun mengusulkan agar IFC mengundang Ikatan Pilot Indonesia (IPI) untuk kerja sama tersebut.

Baca juga ini ya...