KNKT Terbitkan Laporan Pendahuluan Soal Pesawat PK-LQP, Apa Isinya?




Konferensi pers KNKT terkait ditemukannya salah satu black box pesawat B737 MAX 8 PK-LQP Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat. Foto: Ery.
Konferensi pers KNKT terkait ditemukannya salah satu black box pesawat B737 MAX 8 PK-LQP Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat. Foto: Ery.

Dalam kurun waktu satu bulan pasca jatuhnya pesawat B737 MAX 8 PK-LQP milik maskapai Lion Air yang jatuh di perairan Kawarang, Jawa Barat pada 29 Oktober lalu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan menerbitkan laporan laporan pendahuluan (preliminary report) terkait kejadian itu.

Hal tersebut sesuai dengan Annex 13 Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) tentang Investigasi Kecelakaan dan Kejadian Pesawat Udara serta PM 14 Tahun 2015 Tentang Pelaporan dan Prosedur Investigasi Kecelakaan Pesawat Udara Sipil.

“Kami diberi waktu satu tahun. Tapi sebelum itu, dalam waktu satu bulan kami wajib menerbitkan preliminary report yang berisi data dan fakta. Apa yang terjadi pada pesawat ini, tanpa analisi, tanpa penjelasan, tanpa penyebab,” kata Koordinator Air Safety Investigation KNKT Oni Soerjo Wibowo, Kamis (1/11/2018) malam.

Disebutkan Oni, laporan pendahuluan dikeluarkan untuk mengetahui data dan fakta sementara. Karena data investigatif perlu melakukan banyak hal dan membutuhkan waktu yang panjang. “Karena kami masih butuh waktu untuk melakukan banyak hal, untuk memeriksa Flight Data Recorder (FDR),” imbuhnya.

Menurut Oni, dalam laporan pendahuluan nanti antara lain berisi tentang informasi faktual. Informasi factual tersebut menyangkut sequence of events atau kronologi kejadian. Dalam laporan itu juga akan tampilkan data flight crew-nya.

“Tapi tidak ada nama, tidak ada nomer lisensinya untuk melindungi yang bersangkutan. Isinya adalah pengalamannya dia (flight crew), tingkat kesehatannya dia,” jelasnya.

Kemudian dalam laporan itu juga akan tertuang data meteorologi dari BMKG yang sudah disimpan KNKT, data aerodrome (bandara) dari mana pesawat berangkat serta data-data terkait lainnya.




Ayo baca ini juga….