Kisah PD 1: Ada Panggung Hiburan di Medan Perang




Panggung hiburan di tengah hutan saat PD 1 di Rusia. Foto: Russian Beyond / russiainphoto.ru
Panggung hiburan di tengah hutan saat PD 1 di Rusia. Foto: Russian Beyond / russiainphoto.ru

Berbicara tentang perang dunia, seperti tak lepas dari pasukan yang berlindung di parit-parit kotor, tembakan arteleri kelas berat, serangan bunuh diri, bunyi desing peluru, bunyi bom, dan sejenisnya. Namun Rusia, kejadian itu rupanya juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial di antara para tentara. Ada sisi lain dari kehidupan para tentara yang dipenuhi kesenangan, perayaan, bahkan kebodohan.

Pada Perang Dunia I misalnya, yang paling diingat dalam pertempuran-pertempuran di perbatasan selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Tentara berjaga tepat di batas negaranya dengan negara lain. Hari-hari para tentara dipenuhi kebosanan, maka tidak heran mereka melakukan apa pun untuk mendapatkan hiburan. Pentas teater sangat populer di kalangan tentara Rusia. Terkadang mereka menampilkan aksi amatir sendiri, tapi suasana selalu heboh ketika artis terkenal mengunjungi mereka.

Seorang tentara Rusia dikabarkan sempat menuliskan surat mengenai kunjungan dari seorang balerina ternama Evgenia Lopukhova: “Para ‘Kesatria’ dari Kursk, Smolensk, Ryazan, dan tempat-tempat lain mengelilingi sang artis dan melihat bagaimana Madam Lopukhova berdansa. Penampilannya bagus. Hutan dan bukit melindungi kami dari musuh, dan kami bersenang-senang tanpa diketahui Jerman.”

Di sisi lain,para tentara juga dikabarkan sempat menerima hadiah tidak hanya dari keluarga mereka, namun juga dari berbagai kalangan seperti pemerintah kota, pebisnis, dan rakyat. Hiburan dan hadiah terbukti dapat  meningkatkan moral tentara. Seperti dituliskan wartawan koran Sovremennoye Slovo, para prajurit menerima hadiah ini sebagai simbol ikatan yang erat antara masyarakat dan tentara, bukti bahwa negara tak melupakan jasa mereka.

Sumber: Russian Beyond




Ayo baca ini juga….