Kerja Sama BRI-Lion Air Group: Punya Hati yang Baik




Assalamualaikum semua …

Bank BRI punya hati yang baik pada warga kita dengan banyak membantu WNI di Malaysia. WNI yang pulang ke Indonesia, entah karena ada kasus atau tidak, dibantu dan dilatih BRI. Banyak dari mereka yang sudah mendapat pelatihan, tidak balik lagi ke Malaysia, tapi bisa membuka usaha. BRI juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1, bahkan kalau mereka pintar sampai S2.

Begitu yang dikatakan Pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana yang juga Duta Besar RI di Malaysia, kenapa kemudian Lion Air Group menjalin kerja sama lagi dengan Bank BRI. Lagi, karena BRI yang bermitra dengan Lion Air Group sejak tahun 2016 sudah melakukan berbagai kerja sama, seperti pengelolaan payroll seluruh karyawan, manajemen, pilot, dan awak kabin, juga penggunaan cash card yang tersebar di seluruh distrik.

BRI juga turut serta dalam pembentukan UMKM Centre “Jendela Indonesia” untuk mendukung kinerja pengusaha UMKM di Indonesia dan menjadi sponsor utama dalam BRI-Lion Air Group Expedition 2018. Juga penyediaan aplikasi BRI-Lion Air Group host to host untuk memaksimalkan operasional pembayaran tiket melalui channel BRI (e-pay, ATM, travel agent online). Untuk pembayaran deposit top up travel agent juga melalui BRI, termasuk pemberian fasilitas stand by LC.

Kata Rusdi, hal-hal itulah yang menjadi dasar jalinan kerja sama tersebut. “BRI unggul bukan dari produk tapi hati. Keunggulan produknya marginal, sama dengan bank-bank lain,” ucapnya. pada acara penandatanganan kerja sama antara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dengan Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Maka BRI pun resmi memfasilitasi pengelolaan keuangan Lion Air Group untuk layanan Cash Management System (CMS). BRI melakukan pengelolaan kas manajemen perusahaan menjadi lebih tepat waktu dan konsisten (real time), metode pengawasan semakin baik dan terkontrol, serta mengutamakan jaringan online yang terintegrasi.

CMS BRI meliputi Automatic Payment & Automatic Posting (host to host system). CMS BRI kepada Lion Air Group terdiri dari fasilitas pembayaran (payments), fitur account management (balance reporting), fitur liquidity management systems (LMS), manajemen rekening (account management), manajemen pembayaran (payables management), manajemen penerimaan (receivables management).

Kalau alasan Rusdi adalah hati yang baik, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menyebut dasar kerja sama berkelanjutan antara Bank BRI dengan Lion Air Group adalah layanan optimal bagi korporasi. “Dengan memanfaatkan CMS BRI, pengelolaan perusahaan menjadi efisien dan non-tunai (cashless) dengan mengedepankan prinsip good corporate governance,” ungkapnya.

Edward pun mengatakan, pihaknya dapat memroyeksikan proses transaksi bisnis dengan mudah melalui CMS BRI. “Layanan sistem cash management yang komprehensif dapat memperkuat transparansi, efisiensi, dan efektivitas dalam setiap proses transaksi,” ujarnya.

Banyak yang bisa dilakukan kalau melihatnya melalui hati. Ada trust atau rasa percaya yang menjadikan segala kemungkinan memungkinkan untuk direalisasikan. Satu langkah lagi dari Lion Air Group untuk memitigasi risiko jika rupiah terpuruk terhadap dollar AS.

Foto: Reni




Ayo baca ini juga….