Sun. Jul 21st, 2019

Kementerian BUMN Dorong Kesiapan Lima Ruas Tol Trans Jawa

trans jawa

Jalan tol Trans Jawa. Kredit foto: Dok Kementerian BUMN.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong kesiapan lima ruas bagian tol Trans Jawa yang dikerjakan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk agar dapat diresmikan dalam waktu dekat.

Ruas-ruas tol tersebut adalah Batang-Semarang sepanjang 75 km, Semarang- Solo Segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 31 km, Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono 37,9 km, Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 km dan Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius K. Ro menuturkan, keberadaaan tol Trans Jawa menjadi salah satu target Pemerintah dalam mewujudkan konektivitas wilayah serta menekan biaya logistik. Kehadiran Jalan tol dapat mengurangi jarak dan waktu tempuh, mengurai kemacetan, sehingga terjadi penghematan konsumsi BBM.

“Selain itu, dengan adanya tol Trans Jawa ini akan mendorong perekonomian di sekitar jalan tol. Ini merupakan pencapaian yang sangat dinanti oleh masyarakat,” imbuhnya, Rabu (19/12/2018).

Jalan tol Trans Jawa sepanjang kurang lebih 760 km ini menghubungkan Jakarta dengan Surabaya.

“Diharapkan setelah tersambungnya tol Trans Jawa, kami akan terus mendorong BUMN untuk meningkatkan kiprahnya melalui industri jalan tol, mewujudkan konektivitas antar wilayah baik di Pulau Sumatera yang sedang dikerjakan PT Hutama Karya (Persero), kemudian di Kalimantan hingga Sulawesi,” ujarnya.

Selain itu, Jasa Marga pun telah menyiapkan tol Trans Jawa dengan 61 titik tempat istirahat (rest area) dengan berbagai macam tipe. Tempat istirahat tersebut dilengkapi dengan zona UMKM yang menyediakan kuliner serta oleh-oleh khas daerah setempat.

Sementara itu, Jasa Marga dan Waskita Karya telah melakukan sinergi BUMN berupa kerja sama pengadaan SPBU Pertamina di 18 titik tempat istirahat.

Baca juga ini ya...