Kemenhub Gelar Rapat Koordinasi Teknis Kenavigasian




perhubungan laut
Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menggelar Rakornis Kenavigasian di Surabaya, Jawa Timur, 15-17 November 2018. Foto: Ditjen Perhubungan Laut

Dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman pelaksanaan tugas di lapangan, terutama bidang navigasi pelayaran, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kenavigasian di Surabaya, Jawa Timur, 15-17 November 2018.

Saat rakornis Direktur Kenavigasian Perhubungan Laut, Basar Antonius menyampaikan, seluruh jajaran kenavigasian harus mampu mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu, dalam pelayanan harus juga memperhatikan teknologi melalui pengembangan teknologi kenavigasian sebagai harmonisasi data dan informasi antara shore base dan on board.

“Untuk menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran terutama saat keluar dan masuknya kapal perlu penetapan dan pengaturan alur pelayaran untuk mengetahui kondisi perairan bagi kapal yang menuju ataupun ke luar ke pelabuhan,” ujarnya.

Basar juga menyampaikan bahwa seluruh jajajaran Direktorat Kenavigasian dituntut secara berkesinambungan untuk berinovasi dalam mengelola peran dan fungsi kenavigasian. Direktorat juga dituntut berani melakukan suatu baru untuk menemukan cara dan bentuk yang lebih baik dalam rangka membantu dan memberdayakan seluruh komponen kekuatan di bidang kenavigasian.

Disebutkan Basar, dengan melihat potensi yang dimiliki oleh beberapa Distrik Navigasi terkait peran dan fungsi dalam melayani masyarakat untuk mewujudkan keselamatan pelayaran, maka sudah seharusnya jajaran Kenavigasian bisa memanfaatkan aset- aset yang dimiliki agar dapat lebih optimal, melalui upaya-upaya pengelolaa keuangan sebagai Badan Layanan Umum (BLU).




Ayo baca ini juga….