Thu. Jun 27th, 2019

Kemenhub Dukung BNPT Tanggulangi Terorisme pada Sektor Transportasi

transportasi

(kiri-kanan) Kepala BNPT Suhari Alius dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kredit foto: BKIP Kemenhub.

Kementerian Perhubungan berkomitmen dan siap mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam hal pencegahan terorisme pada sektor transportasi. Hal tersebut dicetuskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (12/12/2018).

Bentuk dukungan tersebut ditandai dengan ditandatanginya nota kesepahaman bersama (MoU) antara keduanya di Jakarta hari itu.

Ruang lingkup MoU itu meliputi penyusunan program; strategi dan kegiatan penanggulangan terorisme di bidang transportasi; pemanfaatan kemampuan dan potensi sumber daya dalam penanggulangan terorisme; serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam penanggulangan terorisme di bidang transportasi.

“Kementerian Perhubungan berkomitmen penuh dalam mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dalam Penanggulangan terorisme khususnya dibidang transportasi,” ungkap Budi.

“Tindak pidana terorisme pada dasarnya bersifat transnasional dan terorganisasi karena memiliki kekhasan yang bersifat klandestin, yaitu rahasia, diam-diam, atau gerakan bawah tanah, lintas negara yang didukung oleh pendayagunaan teknologi modern di bidang komunikasi, informatika, transportasi, dan persenjataan modern. Sehingga memerlukan kerja sama untuk menanggulanginya” jelas Budi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPT Suhari Alius mengatakan,”BNPT tidak hanya melakukan MoU dengan Kementerian Perhubungan saja, kami juga melakukan MoU dengan pihak-pihak lain. Penanggulangan terorisme harus kita lakukan bersama-sama” ujar Alius.

Baca juga ini ya...