Kelipatan Persekutuan Terkecil (Kpk)

mentor

Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) adalah angka terkecil yang merupakan kelipatan dari dua atau lebih bilangan. Konsep ini sangat penting dalam matematika, terutama dalam operasi aritmatika seperti penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Untuk memahami KPK, penting untuk terlebih dahulu memahami konsep bilangan kelipatan dan kelipatan persekutuan. Bilangan kelipatan adalah angka yang dihasilkan dari perkalian bilangan lain dengan bilangan asli. Kelipatan persekutuan adalah angka yang merupakan kelipatan dari dua atau lebih bilangan.

Cara Mencari KPK

Ada dua cara utama untuk mencari KPK:

Menggunakan Pohon Faktor

  • Faktorisasi prima setiap bilangan.
  • Buatlah pohon faktor dari setiap bilangan.
  • Kalikan faktor-faktor prima yang sama dari setiap pohon faktor.

Menggunakan Kelipatan

  • Buatlah daftar kelipatan dari setiap bilangan.
  • Temukan kelipatan terkecil yang sama dari setiap daftar.

Contoh Mencari KPK

persekutuan kelipatan kpk terkecil pengertian

**KPK dari 12 dan 30 menggunakan pohon faktor:**

* Faktorisasi prima 12: 2 x 2 x 3
* Faktorisasi prima 30: 2 x 3 x 5
* Pohon faktor:
“`
2
/ \
2 3
/ \
3 5
“`
* KPK = 2 x 2 x 3 x 5 = 60

**KPK dari 12 dan 30 menggunakan kelipatan:**

* Kelipatan 12: 12, 24, 36, 48, 60, …
* Kelipatan 30: 30, 60, 90, 120, 150, …
* KPK = 60

Faktorisasi dan Kelipatan Persekutuan

Faktorisasi prima adalah penguraian bilangan menjadi faktor-faktor primanya. Faktorisasi prima sangat berguna dalam mencari KPK karena memungkinkan kita mengidentifikasi faktor-faktor umum dari dua atau lebih bilangan.

Kelipatan persekutuan adalah bilangan yang merupakan kelipatan dari dua atau lebih bilangan. KPK adalah kelipatan persekutuan terkecil dari dua atau lebih bilangan.

Bilangan Bulat, Faktor, dan Pembagi

persekutuan kelipatan terbesar terkecil

Bilangan bulat adalah bilangan yang tidak mengandung bagian pecahan atau desimal. Faktor adalah bilangan yang dapat membagi bilangan lain secara habis. Pembagi adalah bilangan yang dapat dibagi habis oleh bilangan lain.

Baca Juga :  Senam Ritmik

Kesimpulan

Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) adalah konsep penting dalam matematika yang digunakan untuk mencari kelipatan terkecil yang sama dari dua atau lebih bilangan. Ada dua cara utama untuk mencari KPK: menggunakan pohon faktor dan menggunakan kelipatan. Dengan memahami konsep KPK, kita dapat menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan lebih mudah.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags