KAI Ajak Traveler Zaman Now Tulis Pengalaman Perjalanan Naik Kereta




pt kai
VP Pemasaran Penumpang PT KAI, Raden Agus Dwinanto Budiaji (kiri) saat konferensi pers program Rail Blogger Contest di Jakarta, Jum'at (16/11/2018). Foto: Ery.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menggelar Rail Blogger Contest untuk para pegiat traveling zaman now. Ajang kompetisi menulis ini bertujuan untuk mengajak pemuda dan masyarakat Indonesia meningkatkan kesadaran dalam penggunaan layanan angkutan kereta yang semakin aman dan nyaman.

Saat konferensi pers kompetisi ini Jum’at (16/11/2018) pagi di Jakarta, VP Pemasaran Penumpang PT KAI, Raden Agus Dwinanto Budiaji mengatakan, sebelum mengadakan kompetisi menulis Rail Blogger Contest, PT KAI pernah menyelengarakan Rail Photo Contest.

“Jadi semua pengalaman (perjalanan dengan) kereta api dan hal yang terkait dengan kereta api kita coba angkat menjadi sesuatu yang lebih menarik lagi. Hari ini kita mengadakan Rail Blogger Contest ini sama (dengan Rail Photo Contest), artinya kita mengangkat tentang kereta api dengan sudut pandang yang lebih luas lagi,” ujar Boby, sapaan akrabnya.

Menurutnya, traveling itu bahkan tidak hanya mengantarkan orang dari titik A ke titik B, tapi banyak sekali cerita-cerita yang bisa hadir di sana.

Disebutkannya, sekarang ini banyak sekali komunitas-komunitas, blogger khususnya, yang selalu setia menemani PT KAI di acara yang digelar.

“Kita mencoba memberikan challenge untuk mencari hal menarik di tahun 2018. Orang bilang ini ‘traveling zaman now’. Kira-kira hal yang menarik di 2018 ini apa sih, kita challenge blogger untuk itu (menulis),” paparnya.

Yang pasti, tekannya, tidak hanya masalah stasiun saja, tapi perjalanannya atau di sekitar stasiun mungkin ada cerita-cerita juga seperti di malang ada kampung warna-warni.

Boby yakin tantangan ini akan menghasilkan banyak cerita yang menarik. Dari data yang ia sampaikan, sepanjang tahun 2017 PT KAI telah melayani sebanyak 400juta penumpang. Bila satu persennya bisa meluapkan cerita menarik tentang perjalanan mereka, Boby yakin itu akan menjadi hal yang sangat luar biasa.

“Dengan 4juta itu kita sudah dapat kisah yang luar biasa. Itulah yang ingin kita jalin, inside-inside apa saat penumpang dalam perjalanan. Lihat apa saja sih mereka ketika naik kereta, serunnya naik kereta seperti apa,” ungkapnya.

Selain ingin mendongkrak kreativitas traveler zaman now, program kontes menulis yang bekerja sama dengan IDN Media ini juga bertujuan untuk mendukung program pariwisata yang digalakan pemerintah.

“Karena banyak sekali tempat-tempat wisata yang dilalui kereta api dan bahka jarang di-expose. Karena kita juga BUMN, kita juga mendukung sektor pariwisata,” cetus Boby.

Pada kesempatan yang sama Manajer Strategi Digital IDN Media, Petra Anderson menyebutkan, tren traveling meningkat terus dari 2014 sampai sekarang (2018).

Menurutnya orang-orang tidak hanya bepergian dari satu tempat ke tempat lain, tapi ketertarikan orang untuk traveling berubah menjadi hobi.

“Kita lihat hal itu sangat menarik, tren ini rame dan orang-orang juga punya cerita personal ketika datang ke suatu tempat. Traveling itu sendirikan mulai dari awal sampai ke suatu tempat itu ada cerita-cerita menarik, ada prosesnya, ada personal experience-nya, baik itu traveling sendiri maupun sama keluarga atau sama sahabat,” ungkapnya.

Rail Blogger Contest yang berlangsung dari 10 Oktober hingga 23 November ini terbuka untuk masyarakat umum dan tersedia berbagai hadiah menarik untuk para pemenangnya.

“Awalnya memang ini buat blogger-blogger traveler, tapi kita juga mengakomodir orang-orang yang baru nulis. Enggak ada biaya administratif untuk ikut kontes ini,” tandasnya.




Ayo baca ini juga….