Identitas Segmen Ip Address

mentor

Identitas Segmen IP Address sangat penting dalam dunia jaringan komputer. Ini memungkinkan kita untuk membagi jaringan menjadi segmen yang lebih kecil, mengelola lalu lintas jaringan, dan mengidentifikasi perangkat yang terhubung.

IP Address terdiri dari dua bagian utama: Nomor Jaringan dan Host ID. Nomor Jaringan mengidentifikasi segmen jaringan, sedangkan Host ID mengidentifikasi perangkat tertentu dalam segmen tersebut.

Nomor Jaringan (Net ID)

Nomor Jaringan adalah bagian pertama dari IP Address. Ini menentukan segmen jaringan mana yang menjadi milik perangkat. Nomor Jaringan diperoleh dengan menerapkan Subnet Mask ke IP Address.

Subnet Mask adalah bilangan biner yang digunakan untuk membagi IP Address menjadi dua bagian: Nomor Jaringan dan Host ID. Subnet Mask terdiri dari serangkaian 1 diikuti oleh serangkaian 0. Jumlah bit 1 menentukan ukuran Nomor Jaringan.

Host ID

Host ID adalah bagian kedua dari IP Address. Ini mengidentifikasi perangkat tertentu dalam segmen jaringan. Host ID diperoleh dengan menerapkan NOT Subnet Mask ke IP Address.

NOT Subnet Mask adalah bilangan biner yang diperoleh dengan membalikkan setiap bit Subnet Mask. Jumlah bit 1 dalam NOT Subnet Mask menentukan ukuran Host ID.

IP Broadcast

Identitas Segmen IP Address

IP Broadcast adalah alamat khusus yang digunakan untuk mengirim pesan ke semua perangkat dalam segmen jaringan. Ini diperoleh dengan menetapkan semua bit Host ID ke 1.

  • 987 orang setuju bahwa IP Broadcast adalah jawaban yang benar.
  • 0 orang setuju bahwa IP Broadcast adalah jawaban yang salah.

IP Public

IP Public adalah alamat yang digunakan perangkat untuk berkomunikasi dengan jaringan eksternal, seperti Internet. Ini ditetapkan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP).

Baca Juga :  Penulisan Sejarah

IP Public biasanya berupa alamat dinamis yang berubah secara berkala. Namun, कुछ मामलों में, IP Public dapat berupa alamat statis yang tetap sama.

IP Private

IP Private adalah alamat yang digunakan perangkat untuk berkomunikasi dalam jaringan pribadi, seperti LAN. Ini tidak dapat dirutekan di Internet.

IP Private berada dalam rentang alamat berikut:

Rentang AlamatJumlah Host
10.0.0.0 – 10.255.255.25516.777.216
172.16.0.0 – 172.31.255.2551.048.576
192.168.0.0 – 192.168.255.25565.536

Kesimpulan

ip kelas

Identitas Segmen IP Address adalah bagian penting dari infrastruktur jaringan komputer. Ini memungkinkan kita untuk membagi jaringan menjadi segmen yang lebih kecil, mengelola lalu lintas jaringan, dan mengidentifikasi perangkat yang terhubung. Dengan memahami Nomor Jaringan, Host ID, IP Broadcast, IP Public, dan IP Private, kita dapat mengelola jaringan komputer secara efektif.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags