Inilah 5 Pantai Baru yang Harus Dikunjungi Saat di Bali




Blue Point Beach, Bali. Foto: Karina Ayu.

Pesona Bali tidak pernah habis untuk dieksplorasi dan yang paling sering menjadi primadona adalah pantai. Pada awal mula pariwisata Bali berkibar, pantai di wilayah Kuta, Jimbaran, dan Nusa Dua menjadi idola. Namun kini semakin banyak lagi pantai idola baru yang kebanyakan tersebar di wilayah paling selatan di Pulau Bali. Karakter pantai-pantai di wilayah ini biasanya tersembunyi di balik tebing yang menjulang tinggi. Inilah lima pantai indah di Bali rekomendasi Jamtiga.com.

1. Pantai Blue Point

Blue Point beach, atau pantai Suluban terletak di Uluwatu, area selatan Bali, tepatnya di Desa Pecatu. Pantai ini terkenal di kalangan surfer asing maupun lokal. Tak heran ketika saya menuruni tangga untuk mendekat ke pantai, seringkali berjumpa wisatawan asing membawa papan surfing. Jumlah tangga untuk turun memang sangat banyak, terbayang lelahnya ketika harus naik kembali ke atas. Namun deburan ombak yang memecah diantara dua celah tebing memberikan sensasi luar biasa. Jika hanya ingin menikmati pemandangan indah karena tidak berminat menjajal olahraga selancar, kita dapat saksikan dari atas tebing.

2. Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi berlokasi di Jalan Tegal Wangi, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Kawasan Jimbaran yang terkenal akan keindahan pantainya semakin digandrungi sejak pantai ini mulai diketahui wisatawan. Namun begitu, pantai ini masih tergolong sepi sehingga saat datang kesini dapat menikmati suasana private yang tenang. Pantai ini kerap menjadi referensi untuk foto pre-wedding karena dapat menjadi latar foto yang menakjubkan. Jika membawa kendaraan, wisatawan wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 per kendaraan. Namun untuk wisatawan tidak dipungut biaya masuk.

3. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung letaknya cukup tersembunyi dan area pantainya tidak terlalu luas karena diapit oleh tebing-tebing tinggi. Untuk menuju pantai, wisatawan harus menuruni anak tangga yang cukup banyak. Saat menuruni atau menaiki anak-anak tangga tersebut, pemandangan birunya laut lepas dan hembusan angin akan sangat menyegarkan. Pantai Gunung Payung sangat mudah diakses karena berada satu desa dengan pantai Pandawa tepatnya di desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan.

4. Pantai Balangan

Pantai Balangan

Pantai di bagian selatan Pulau Bali ini, tepatnya di wilayah Pecatu, diapit oleh dua bukit karang terjal. Oleh sebab itu ombak yang berdebur cukup kencang terutama jika musim angin. Sebaiknya berhati-hati jika ingin berenang. Namun begitu, para surfer juga seringkali menjajal kemampuan mereka di pantai ini. Pasir putih dan birunya laut bergradasi tampak indah dipandang mata. Kelebihan lain dari pantai ini adalah garis pantai yang panjang sehingga cocok juga untuk jogging di pagi hari.

5. Pantai Labuan Sait

Pantai Labuan Sait

Pantai ini seringkali dikenal dengan nama lain yakni pantai Padang-padang. Pantai tersembunyi yang dikelilingi oleh tebing tinggi yang ditumbuhi vegetasi hijau. Sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai dieklilingi tebing lainnya di Bali, pantai Labuan Sait memiliki warna air laut yang kehijauan. Garis pantainya tidak luas hingga saat kunjungan wisatawan sedang dalam masa puncak, yakni sekitar siang menuju sore hari, pantai ini akan sangat padat. Terlebih  lagi banyak orang asing yang senang berjemur di pantai ini. Saya sarankan untuk datang ke tempat ini saat pagi hari.