Kepoin Yuk Arti “Tangi” dalam Bahasa Jawa, Cus Baca

mentor

Arti Kata “Tangi” dalam Bahasa Jawa

Yo, gaes! Kalian pada tahu nggak arti kata “tangi” dalam bahasa Jawa? Jangan bingung, kita bahas bareng-bareng di sini.

Tangi dalam Bahasa Jawa

Kata “tangi” dalam bahasa Jawa itu artinya “bangun”. Biasanya dipakai pas kita bangun tidur atau bangun dari duduk. Misalnya, “Aku lagi tangi saka turu” (Aku baru bangun tidur).

Contoh Penggunaan Kata “Tangi”

Nih, ada beberapa contoh penggunaan kata “tangi” dalam kalimat bahasa Jawa:

  • Aku tangi jam 5 enjing (Aku bangun jam 5 pagi).
  • Bapakku lagi tangi saka sholat subuh (Ayahku lagi bangun dari sholat subuh).
  • Wong tuwoku wis tangi adus (Orang tuaku sudah bangun mandi).

Nah, itu dia arti dan contoh penggunaan kata “tangi” dalam bahasa Jawa. Gampang banget kan? Semoga bermanfaat ya, gaes!

Asal-usul Kata “Tangi”

arti freedomsiana

Kata “tangi” dalam bahasa Jawa berasal dari kata “tangis” dalam bahasa Indonesia. Kata “tangis” sendiri diduga berasal dari akar kata Proto-Austronesiataŋis, yang juga menjadi asal kata “tangis” dalam bahasa Melayu, “tangis” dalam bahasa Sunda, dan “tangis” dalam bahasa Bali. Kemungkinan besar kata ini sudah digunakan dalam bahasa Jawa sejak zaman kuno, mengingat penyebarannya yang luas di berbagai bahasa Austronesia.

Pengaruh Bahasa Lain

Selain pengaruh bahasa Proto-Austronesia, kata “tangi” juga mungkin dipengaruhi oleh bahasa Sanskerta. Dalam bahasa Sanskerta, terdapat kata “tanka” yang berarti “tangisan”. Kata ini masuk ke dalam bahasa Jawa melalui proses penyerapan kosakata dari bahasa Sanskerta. Pengaruh bahasa Sanskerta ini terlihat pada penggunaan kata “tangi” dalam konteks keagamaan, seperti dalam upacara kematian atau doa-doa.

Baca Juga :  ** I Love You So Much

Penggunaan Kata “Tangi” dalam Berbagai Konteks

jawa bahasa puisi artinya

Kata “tangi” dalam bahasa Jawa punya banyak arti, tergantung konteksnya. Yuk, kita bahas di mana aja kata ini sering dipakai.

Adat Istiadat

  • Upacara Tangi: Acara adat untuk menghormati orang yang meninggal, biasanya disertai dengan doa dan kenduri.
  • Tangi Turun: Upacara setelah jenazah dikuburkan, untuk mendoakan arwah yang telah meninggal.

Budaya

  • Tangi Jawa: Musik tradisional Jawa yang dimainkan untuk mengiringi acara tangi.
  • Wayang Tangi: Wayang kulit yang dipentaskan untuk menghibur tamu yang hadir di acara tangi.

Kehidupan Sehari-hari

  • Tangi Sedih: Menangis karena sedih atau kecewa.
  • Tangi Ketawa: Tertawa terbahak-bahak.

Sinonim dan Antonim Kata “Tangi”

https://www.freedomsiana.id/arti-tangi-dalam-bahasa-jawa/ terbaru

Selain paham artinya, kita juga perlu tahu kata-kata yang mirip dan kebalikan dari “tangi” dalam bahasa Jawa. Yuk, kita bahas!

Sinonim Kata “Tangi”

  • Nangis
  • Nangise
  • Nyesek
  • Melu
  • Weruh

Antonim Kata “Tangi”

  • Ketawa
  • Seneng
  • Sumeh
  • Biro
  • Girang

Kata-kata Serumpun dengan “Tangi”

Yo, buat lo yang lagi penasaran sama kata “tangi” dalam bahasa Jawa, ada beberapa kata serumpun yang bakal bikin lo paham artinya lebih dalem. Kata-kata ini punya hubungan makna yang asik banget.

Kata serumpun itu kayak saudara-saudaranya “tangi” yang punya akar kata yang sama. Nah, ini dia beberapa kata serumpunnya:

Tangi

  • Nganggo tangi: Memakai tangi
  • Nggoleki tangi: Mencari tangi
  • Nyilih tangi: Meminjam tangi
  • Ngutang tangi: Meminjam tangi
  • Nyuwun tangi: Meminta tangi

Semua kata serumpun ini punya hubungan makna sama “tangi”, yaitu kain penutup kepala yang biasa dipakai orang Jawa. Jadi, lo bisa pake kata-kata ini buat ngomongin tentang tangi dalam berbagai situasi.

Ilustrasi Penggunaan Kata “Tangi”

Kata “tangi” dalam bahasa Jawa punya arti luas banget, gengs. Biar makin ngeh, kita bakal ngasih beberapa contohnya nih.

Baca Juga :  ** Alat Mitra Higgs Domino

Penggunaan dalam Konteks yang Berbeda

  • “Yen wis tangi, aja lali mangan.”

    Artinya: “Kalau sudah bangun, jangan lupa makan.”

  • “Tangia lagi wong tuwo iku.”

    Artinya: “Bangunkan orang tua itu.”

  • “Tangi nemu rejeki.”

    Artinya: “Bangun dan mendapatkan rezeki.”

  • “Tangi seko turu.”

    Artinya: “Bangun dari tidur.”

  • “Tangi, wes wayahe sholat.”

    Artinya: “Bangun, sudah waktunya salat.”

Peribahasa atau Ungkapan yang Mengandung Kata “Tangi”

Dalam bahasa Jawa, kata “tangi” sering dipakai dalam peribahasa atau ungkapan yang sarat makna. Yuk, kita bahas beberapa peribahasa yang mengandung kata “tangi” dan kupas maknanya.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags