Wed. Jun 19th, 2019

Harga Tiket Pesawat Diturunkan (Lagi)?

Assalamualaikum semua …

Bocorannya, harga tiket pesawat terbang bakal diturunkan dari harga yang ditawarkan maskapai penerbangan saat ini. Sebelumnya, beberapa maskapai sudah memberikan pernyataan akan menurunkan harga tiketnya. Namun keluhan penumpang, termasuk institusi yang terdampak, masih tetap berlanjut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran Ditjen Perhubungan Udara pun mengundang media untuk jumpa pers perihal “Tarif Pesawat” di Kementerian Perhubungan, Jakarta, tadi (26/3/2019) pukul 18.30. Namun sekitar 30 menit sebelum waktu tersebut, acara dibatalkan.

Media kecewa. Tidak ada alasan jelas. Barangkali untuk membuat keputusan soal tarif penerbangan atau harga tiket pesawat itu masih membutuhkan diskusi lebih lama. Antara keluhan masyarakat pengguna jasanya dan hak maskapai untuk menentukan harga tiket dalam batas yang ditentukan aturan regulator kiranya masih belum mencapai titik temu.

Sekjen INACA (asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia) Tengku Burhanuddin sampai pernah menyuarakan kekesalannya. “Soal tarif itu, maskapai tidak melakukan kesalahan saja dianggap salah,” ucapnya.

Kalau harga tiket diturunkan, apakah akan menjadi solusi terbaik bagi semua pihak? Perlu dikaji dan dianalisis dari seluruh aspek, baik dari pihak maskapai maupun penumpang, bahkan keseluruhan biaya-biaya dalam bisnis penerbangan sampai efeknya bagi perekonomian nasional.

Kementerian Perhubungan memiliki Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbanghub) yang bertugas untuk melakukan kajian dan analisis itu. Alangkah elok kalau Pusat Litbang Perhubungan Udara Balitbanghub diberdayakan dengan konprehensif untuk melakukan kajian dan analisis soal harga tiket pesawat itu.

Baca juga ini ya...