Sat. May 25th, 2019

Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Perluas Kerja Sama Codeshare

Dua maskapai pelat merah dari dua negara, Garuda Indonesia dan Singapore Airlines (SIA) memperluas kerja sama codeshare di antara mereka, Senin (15/4/2019). Pelanggan kedua maskapai tersebut kini memiliki lebih banyak pilihan untuk terbang Singapura dan Indonesia.

Melalui perluasan kerja sama ini, SIA dan Garuda Indonesia melakukan kerja sama codeshare untuk penerbangan antara Singapura dan Jakarta. SIA dan Garuda Indonesia masing-masing mengoperasikan sembilan penerbangan per hari pada rute tersebut.

Kedua maskapai pertama kali memulai kerja sama codeshare pada tahun 2010 pada penerbangan antara Singapura dan Denpasar. Pada tahun 2014, perjanjian ini diperluas untuk mencakup penerbangan antara Singapura dan Surabaya.

Perusahaan anak SIA, SilkAir, juga melakukan kerja sama serupa pada penerbangan yang dioperasikan Garuda Indonesia menuju Denpasar dan Surabaya. Sementara itu, Garuda Indonesia juga melakukan kerja sama codeshare pada penerbangan yang dioperasikan oleh SilkAir menuju sepuluh tujuan di jaringan Indonesia, yakni; Balikpapan, Bandung, Denpasar, Lombok, Makassar, Manado, Medan, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

“Kami senang dapat memperluas perjanjian kami dengan Garuda Indonesia untuk mencakup lebih banyak penerbangan codeshare untuk para pelanggan kami,” kata Senior Vice President Marketing Planning SIA, Tan Kai Ping.

Menurutnya, Indonesia adalah destinasi wisata dan bisnis yang sangat popular. Dia mengaku senang dapat membuat Indonesia lebih mudah diakses oleh para wisatawan dari seluruh dunia.

Sementara itu, Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, mengatakan bahwa pihaknya juga senang dapat mengumumkan kemitraan dengan SIA yang akan memperluas jaringan maskapai ke Singapura sebagai salah satu hub bandara tersibuk di Asia Tenggara.

Perjanjian kerja sama codeshare ini menurutnya memungkinkan para pelanggan untuk memperoleh manfaat dari jaringan kedua maskapai saat bepergian antara Singapura dan Indonesia. “Dengan konektivitas tanpa batas, serta perjalanan yang lebih fleksibel,” imbuhnya.

Pikri yakin Garuda Indonesia dapat memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan, yang melebihi standar industri.

“Asia Tenggara adalah kawasan yang sangat penting bagi Garuda Indonesia, sementara Singapura secara khusus merupakan pasar pertumbuhan utama. Penerbangan Garuda Indonesia ke Singapura telah memainkan peran penting dalam meningkatkan hubungan ekonomi serta pertukaran budaya antara kedua negara,” tutupnya.

Garuda Indonesia dan SIA mengoperasikan total gabungan 175 layanan mingguan berjadwal antara Singapura dan Indonesia.

Baca juga ini ya...