Wed. Jul 17th, 2019

Gaet Turis Asing, Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Hub Internasional

Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sumber gambar: AP II.

Untuk menggaet turis mancanegara, Bandara Internasional Soekarno Hatta siap menjadi hub internasional yang melayani penerbangan langsung untuk tujuan internasional. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Ahad (12/5/2019).

“Karena kami lebih ingin mendorong maskapai dalam negeri yang membuka rute Internasional, untuk menggaet turis mancanegara,” terang Budi.

Budi mengatakan, pembangunan di Bandara Soekarno-Hatta terus dilakukan agar kapasitasnya lebih optimal.

Dijelaskan Budi, di antaranya adalah pembangunan landasan pacu ketiga yang dibangun untuk mempercepat arus masuk dan keluar pesawat dan menampung maskapai luar negeri. Rencananya, bandara ini juga akan dilakukan pembangunan terminal 4.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali juga menjadi salah satu bandara yang bisa menjadi hub internasional Indonesia.

Sementara itu, maskapai nasional juga terus berupaya menambah rute penerbangan internasional. Di antaranya adalah Garuda Indonesia yang pada tahun ini akan menambah rute penerbangan internasional ke Turki, Rusia dan Korea Selatan.

Menurut Budi, strategi tersebut lebih baik untuk industri penerbangan nasional dibanding harus mengandalkan penerbangan internasional yang datang ke Indonesia dengan menjadikan bandara di negara-negara seperti Singapura, Malaysia dan Thailand menjadi tourism hub untuk Indonesia.

Budi juga menyebutkan, saat ini jumlah turis di negara-negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan Singapura dengan Indonesia masih ada gap. Dia menilai diperlukan strategi-strategi pemasaran tourism agar turis yang telah sampai ke Thailand, Malaysia dan Singapura, juga tertarik ke Indonesia.

Baca juga ini ya...