Fri. Mar 22nd, 2019

Tahun Ini 9 Pesawat Baru Akan Lengkapi Kekuatan Skadron Udara 4 TNI AU

Armada pesawat NC 212-200 Skadron Udara 4/Angkut Ringan TNI AU. Sumber gambar: Indomiliter.

Skadron Udara 4/Angkut Ringan TNI Angkatan Udara (AU) yang bermarkas di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, kabarnya tahun ini akan ditambah kekuatannya dengan menghadirkan sembilan unit pesawat baru.

Kabar tersebut diungkapkan langsung Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama (Marsma) Hesly Paat, Senin (4/3/2019).

Di terangkannya, pesawat-pesawat tersebut terdiri dari dua jenis, empat unit pesawat CASA 212 dan lima unit pesawat amfibi. Sayangnya ia belum menyebutkan dengan rinci untuk jenis pesawat amfibi tersebut. Namun nama yang sempat santer adalah Beriev Be-200.

“Kita tengah menyiapkan sarana dan prasarananya. Fasilitas itu disiapkan di Skadron Udara 4, di mana akan menerima penambahan pesawat baru, yakni CASA 212 dan pesawat Amphibi,” kata Hesly, seperti dinukil detikcom, Senin (4/3/2019).

Alumni AAU 1989 ini menerangkan, Skadron berjulukan Walet ini hingga saat ini telah diperkuat 12 unit pesawat jenis Cassa 212.

“Sudah ada 12 unit, nanti ditambah empat. Ya totalnya 16 pesawat CASA,” imbuhnya.

Terkait pesawat jenis amfibi, Hesly mengatakan bahwa di era tahun 70-an TNI AU pernah diperkuat dua pesawat jenis ini, PBY-5A Catalina dan UF-2 Albatross

“Jika dulu Albatros di tahun 70-an, sekarang dengan jenis yang sama rencananya akan dimiliki Abdulrachman Saleh, yaitu pesawat amfibi,” ungkap Hesly.

Menurut dia, kedua pesawat itu memiliki kemampuan handal dalam membantu operasi TNI AU. “(Pesawat) amfibi akan bisa mendukung kekuatan TNI AU di darat maupun di laut,” tegasnya.