Sun. Feb 17th, 2019

Soal Penurunan Jumlah Penumpang, Ini Jawaban Dirjen Perhubungan Udara

Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Sumber gambar: Ery.

Akhir-akhir ini ramai diberitakan bahwa telah terjadi penurunan jumlah penumpang di berbagai bandar udara yang ada di Tanah Air. Terkait permasalahan tersebut, Dirjen Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menanggapi bahwa hal ini merupakan siklus tahunan yang terjadi saat low-season.

“Kalau penurunan, hampir setiap tahun di dalam penerbangan itu, terutama Indonesia, Januari-Februari itu memang low-season. Jadi itu hampir seperti siklus tahunan, di mana bulan Januari dan Februari (terjadi penurunan jumlah penumpang), nanti mungkin Maret baru meningkat,” jelas Polana, Minggu (10/2/2019).

Selama ini, tingginya harga tiket penerbangan dipandang menjadi sebab turunnya jumlah penumpang, karena daya beli masyarakat untuk bepergian menggunakan angkutan udara melemah.

“Kalau harga tiket selama ini sebenarnya (maskapai) tidak ada yang melanggar, masih di bawah TBA (tarif batas atas), sesuai dengan PM 14 tahun 2016 dan kalau memang lebih tinggi itu karena low-season. Kalau low-season airline kan butuh hidup,” paparnya.