Sun. Feb 17th, 2019

Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Beli Tiket Pesawat di Musim Liburan

Musim libur panjang telah tiba. Tentu hal ini menjadi momen yang sangat dinanti-nanti oleh banyak kalangan, khususnya milenial untuk menikmati libur akhir tahun.

Moda transportasi udara menjadi sarana bepergian yang paling diminati untuk menuju destinasi impian para milenial pelancong, baik ke destinasi dalam negeri maupun luar negeri. Namun ada delapan hal yang perlu diperhatiakan sebelum kalian membeli tiket pesawat agar dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.

Pertama, rencanakan perjalanan dengan matang dan belilah tiket sejak jauh-jauh hari, karena masih banyak pilihan rute dan harga tiket yang relatif murah.

Kedua, pembelian tiket bisa melalui kantor perwakilan maskapai, agen tiket maupun secara daring.

Ketiga, ini yang perlu diperhatikan, pastikan besaran tarif tiket terlebih dahulu sebelum membelinya apakah nominalnya sudah sesuai dengan pemerintah atau belum. Kalian dapat memastikannya melalui pengumuman di bandara setempat atau memeriksa melalui pemberitaan di media massa daring.

Keempat, teliti lagi rute penerbangan dalam tiket. Cek rute pilihan kalian, apakah rute tersebut penerbangan langsung atau transit. Karena kalau rute transit dapat biasanya memiliki tarif yang lebih tinggi dari rute penerbangan langsung.

Kelima, penting untuk kalian ketahui, tiket kelas ekonomi hanya dijual antara tarif batas atas dengan tarif batas bawah berdasarkan ketentuan pemerintah dalam Peraturan Menteri Perhubungan no 14 tahun 2016.

Keenam, tiket kelas ekonomi terdiri dari komponen: tarif jarak/basic fare (tergantung kelompok pelayanan), PPn 10% dari tarif jarak, IWPU sebesar Rp5.000, PJP2U/PSC yang besaran tergantung bandara keberangkatan dan biaya tambahan yang sifat pilihan.

Ketujuh, perlu kalian catat, tarif kelas bisnis tidak diatur oleh pemerintah. Jika kalian memiliki kocek yang tidak terlalu banyak, jangan memilih penerbangan bisnis ketika liburan.

Terakhir, jangan membeli tiket melalui calo dan cocokan tiket yang dibeli dengan nama penumpang sesuai identitas diri.

Semoga liburan kalian tahun ini menyenangkan. Safe flight, happy landing, guys!