Wed. May 22nd, 2019

Pembangunan Bandara Bukit Malintang Dimulai Tahun Ini

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau titik lokasi pembangunan Bandara Bukit Malintang, Sabtu (16/3/2019).

Pembangunan Bandara Bukit Malintang di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara akan dimulai tahun ini. Persyaratan administratif dan teknis pembangunan bandara sudah terpenuhi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KP 1278 tahun 2018.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal juga telah menyerahkan sertifikat tanah kepada Kemenhub.

“Kalau saya lihat tanah sudah diserahkan. Kami antusias untuk melaksanakannya dan insya Allah akhir tahun 2021 selesai,”kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau titik lokasi pembangunan bandara, Sabtu (16/3/2019).

Bandara ini nantinya akan memiliki landas pacu (runway) sepanjang 1.600 m dan terminal penumpang dengan kapasitas 500.000 penumpang per tahun.

“Memang kita rencanakan untuk dapat didarati oleh pesawat ATR 72, sehingga panjang runway 1.600 meter, serta bangunan terminal nya kira-kira untuk kapasitas 500.000 penumpang dalam setahun,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution mengatakan, bandara merupakan hal terdesak yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat, khususnya untuk calon jamaah haji.

“Kebutuhan lapangan terbang sangat mendesak, karena jamaah haji kita 14 jam baru sampai di Kualanamu dengan jalan darat. Terkadang sampai 20 jam di mobil,” tandasnya.