Fri. Apr 19th, 2019

Otoritas Bandara di Makassar Bersiap Laksanakan Kampanye Keselamatan

Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah V Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar tengah bersiap untuk melaksanakan kampanye keselamatan penerbangan, yang serentak akan digelar besok (10/2/2019) di 10 OBU. Kampanye keselamatan yang dilaksanakan sesuai instruksi Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti tersebut akan dimulai pukul 10 WIB atau pukul 11 waktu di Makassar.

“Walaupun belum semua siap, tapi kami sudah menyiapkan persiapan untuk kegiatan besok di bandara. Ada empat titik yang akan kami siapkan untuk kampanye, termasuk melibatkan seluruh stakehorder di bandara. Setiap stakehokder kami minta lima orang untuk turur serta,” kata Agus Priyanto, Kepala OBU Wilayah V Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sabtu (9/2/2019).

Kampanye akan digelar dengan kegiatan ramp check seluruh kegiatan penerbangan, termasuk pemeriksaan pesawat terbang. Di samping itu juga dilakukan upaya edukasi dan memberikan pemahaman pentingnya keselamatan penerbangan pada penumpang dan pengguna jasa bandara. Para inspektur penerbangan menjadi ujung rombak kegiatan yang diharapkan gaungnya bisa didengar masyarakat, khususnya para pengguna jasa penerbangan, itu.

Menurut Agus, kampanye keselamatan penerbangan di Bandara Hasanuddin tidak akan mengganggu operasional penerbangan sehari-hari. Bahkan kampanye simpatik itu tidak untuk meng-grounded pesawat, misalnya.

Edukasi bagi masyarakat tentang keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan tujuan dari kampanye. Pelaksana Harian Kepala Bagian Kerja Sama Internasion, Humas, dan Umum, Ditjen Perhubungan Udara Sigit Widodo, mengatakan, yang paling penting, negara hadir untuk masyarakat dalam setiap layanan penerbangan, khususnya di bandara.

Foto: Angkasa Pura I