Fri. Mar 22nd, 2019

Musim Mudik 2019, Kemenhub Kembali Buka Layanan Angkutan Motis

Layanan Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda Kereta Api. SUmber gambar: TribunNews.

Memasuki tahun ke-6 penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan kembali membuka kesempatan kepada para pemudik dengan sepeda motor untuk memanfaatkan program Motis 2019.

Tahun ini kuota yang disediakan untuk 18.096 sepeda motor. Pembukaan pendaftaran peserta program motis dibuka mulai Selasa (2/3/2019) kemarin hingga 25 Mei 2019.

Peserta motis dapat mendaftar secara melalui website mudikgratis.dephub.go.id atau dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Sementara untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow (dari daerah) pendaftaran akan dibuka pada 28 April hingga 12 Juni 2019.

Sejumlah stasiun yang melayani pendaftaran motis secara langsung yakni Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang dan Kiara Condong. Stasiun Depok Baru dan Tangerang dalam waktu dekat juga akan membuka layanan pendaftaran peserta pendaftaran motis.

Bagi peserta motis yang mendaftar pada 25 Maret – 13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO. Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket KA (maksimal 3 tiket), dan selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia.

Untuk waktu pengantaran ataupun pengangangkutan motis akan dimulai pada 27 Mei hingga 2 Juni 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada 8 Juni sampai 13 Juni 2019.

“Pemerintah berharap dengan telah dibukanya program layanan motis ini, masyarakat yang berencana mudik dengan sepeda motor, mau memanfaatkan layananan angkutan motor gratis ini, dengan beralih menggunakan motis untuk sepeda motornya. Sedangkan pemudik mau beralih naik kereta api ataupun moda angkutan umum lainnya,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Zulmafendi, Selasa (12/3/2019).