Fri. Apr 19th, 2019

Kampanye Simpatik Keselamatan Penerbangan, Dirjen Perhubungan Udara Sasar Terminal 1 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta

Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti di dampingi Kepala Kantor OBU Wilayah I Soekarno-Hatta, Herson dan Executive GM Angkasa Pura II Cabang Bandara Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan melaksanakan Kampanye Keselamatan Penerbangan di Terminal 3. Sumber gambar: Ery.

Aksi Kampanye Simpatik Keselamatan Penerbangan digelar di 10 bandar udara yang ada di 10 wilayah Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU, Minggu (10/2/2019). Di Kantor OBU Wilayah I Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, memimpin langsung aksi kampanye ini yang pelaksanaannya di gelar di Terminal 1 dan 3.

“Pada kesempatan pagi hari ini, kami Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bekerja sama dengan stakeholder, dengan bandara dengan Kantor Otban, melakukan Kampanye Keselematan. Sebenarnya bukan hanya keselamatan, tapi kami melakukan kampanye yang kami disebut ‘selamanya’, selamat aman, nyaman,” kata Polana.

Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti membagikan pin dan gantungan kunci kepada anak calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Sumber gambar: Ery.

Dalam kampanye ini yang digelar serentak tepat pukul 10.00 WIB ini, Polana yang didampingi Kepala Kantor OBU Wilayah I Soekarno-Hatta, Herson melakukan sosialisasi dan edukasi keselamatan penerbangan kepada sejumlah penumpang di berbagai area bandara, seperti lobby, check-in, ruang tunggu hingga gerai makanan.

Selain itu, dalam aksi ini juga membagikan famplet, pin dan gantungan kunci yang mengandung pesan kesadaran keselamatan dalam penerbangan.

Di Terminal 3 dan Executive GM Angkasa Pura II Cabang Bandara Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan dan sejumlah staf maskapai Citilink Indonesia dan Garuda Indonesia.

Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti (tengah), Kepala Kantor OBU Wilayah I Soekarno-Hatta, Herson (kanan) dan Executive GM Angkasa Pura II Cabang Bandara Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan (kiri).. Sumber gambar: Ery.

“Tujuannya adalah mengingatkan atau mensosialisasi, memberikan edukasi ke masyarakat bahwa di penerbangan sipil itu keselamatan kenyamanan dan keamanan itu menjadi fokus utama kami. Makanya kami melakukan ini secara serentak,” jelasnya.

Tak hanya menggelar sosialisasi dan edukasi kepada penumpang angkutan udara dan pengunjung bandara, rombongan tim kampanye ini melanjutkan dengan melakukan ramp check pada sejumlah fasilitas dan personel penerbangan di aera udara (air side) Terminal 3.

“Seperti diketahui bahwa sebagai institusi penerbangan kami selalu diaudit oleh institusi internasional; ICAO, FAA, AU dan utamanya adalah terkait dengan keselamatan. Pada hari ini kami melakukan ramp check serentak di 10 bandara, dan sekaligus secara paralel memberikan informasi kepada penumpang, pengunjung bandara apa itu keselamatan penerbangan,” tutupnya.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, 9 bandara yang dijadikan lokasi Kampanye Simpatik Keselamatan Pernerbangan ini adalah Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang (OBU Wilayah II); Bandara Internasional Juanda, Surabaya (OBU Wilayah III); Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (OBU Wilayah IV); Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar (OBU Wilayah V); Bandara Internasional Minangkabau, Padang (OBU Wilayah VI); Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (OBU Wilayah VII); Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado (OBU Wilayah VIII); Bandara Rendani, Manokwari (OBU Wilayah IX); dan Bandara Mopah, Merauke (OBU Wilayah X).