Fri. Mar 22nd, 2019

IPI Tekankan Hindari Spekulasi Soal Pesawat Boeing 737 MAX 8

Pesawat Boeing 737 MAX 8. Sumber gambar: ABC.

Ketua Ikatan Pilot Indonesia (IPI), Capt. Iwan Setyawan menekankan perlunya sejumlah pihak untuk menghindari spekulasi mengenai apa yang terjadi pada pengoperasian armada Boeing 737 MAX 8.

Dia juga menyarankan pihak-pihak berkepentingan untuk menunggu lebih lanjut hasil investasi lembaga terkait lainnya yang terlibat dalam Badan Investigasi Kecelakaan armada Boeing 737 MAX 8 (ET- AVJ) maskapai Ethiopian Airlines penerbangan ET302.

Ia juga meminta mereka untuk bersabar, menunggu sampai badan investigasi tersebut menyelesaikan temuannya serta mengeluarkan pedoman dan rekomendasi konsekuensial, khususnya hal hal yang terkait dengan pengoperasian pesawat B737 MAX 8.

Namun demikian, IPI juga menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara atas langkah dan respons cepatnya dalam menerbitkan instruksi penghentian pengoperasian sementata (temporary grounded) seluruh armada B737 MAX 8 yang ada di Indonesia.

Dia menilai tindakan tersebut sebagai antisipatif dalam menyelesaikan proses inspeksi armada Boeing 737 MAX 8 untuk memastikan kebijakan tata laksana keselamatan serta tindak lanjut pengoperasian pesawat B737 MAX 8 di Indonesia ke depannya.

“Kami percaya sinergi seluruh pemangku kepentingan baik operator, regulator maupun fasilitator lainnya menjadi kunci penting dalam memastikan komitmen seluruh pihak dalam mengawal kualitas standar keselamatan penerbangan yang nasional yang lebih baik lagi,” tutur Iwan, Jum’at (15/3/2019).