Sun. Feb 17th, 2019

Intip Kesiapan AP II dalam Layani Angkutan Nataru

Dalam angkutan musim libur natal 2018 dan tahun baru 2019, PT Angkasa Pura II (Persero)/ AP II memastikan siap melayani penumpang di 16 bandara yang dikelola perusahaan.

Pelaksanaan layanan angkutan akan berlangsung pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. AP II memperkirakan arus puncak natal pada H-3 dan perkiraan arus puncak tahun baru pada H+1. Sedangkan perkiraan puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2019.

Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin menuturkan bahwa persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya, khususnya layanan berbasis digital.

Disebutkannya, jumlah penumpang diprediksi mengalami pertumbuhan hingga 10,50% mencapai 6,7 juta penumpang dibandingkan 6 juta penumpang tahun lalu.

“Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kami memprediksi pada tahun ini akan terjadi pertumbuhan jumlah penumpang mencapai 10,50%. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat.

Selain itu, lanjutnya, kami mempersiapkan sekitar 4000 personil serta 2000 personil bantuan dari TNI dan Polri untuk mengawal angkutan musim ini.

Ia mengatakan, tahun ini pertumbuhan pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 7,5% dengan total pergerakan diseluruh bandara yang dikelola AP II mencapai 45.600 pergerakan. Jumlah itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya 42.400 pergerakan.

Selama musim angkutan ini juga akan ada 613 penerbangan tambahan. Terkait hal itu, manajemen AP II memberikan apresiasi kepada pihak airlines dengan menjalankan program cash back 100% tarif pelayanan jasa pendaratan, khusus untuk penambahan penerbangan domestik dengan tipe pesawat narrow body.

“Ini bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan optimal baik kepada penumpang, juga kepada pelanggan kami para maskapai dan ini berlaku diseluruh bandara yang kami kelola,” tutup Awaluddin.

AP II juga membuka posko Nataru di 16 cabang bandaranya. Khusus di sebagai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, AP II membuka tiga posko yang masing-masing terletak di Terminal 1B depan VIP sebagai posko utama, Terminal 2F dan Terminal 3.

Posko-posko ini dilengkapi dengan data lalu lintas pergerakan penumpang di bandara; data penerbangan tambahan; serta televisi untuk CCTV dan konferensi video bersama 14 bandara lain. Posko-posko ini juga akan membantu para penumpang, mendapatkan informasi terkait penerbangan.