Tue. Apr 16th, 2019

Butuh Penggantian Komponen, Pesawat Lion Air Batal Terbang Saat Menuju Taxiway

Armada pesawat Boeing 737-900ER maskapai Lion Air. Sumber gambar: Ery.

Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LFK milik Lion Air batal lepas landas saat sedang mengarah ke taxiway, Senin (11/2/2019). Pesawat yang melayani penerbangan JT-507 ini terpaksa kembali ke apron untuk dilakukan penggantian komponen.

Penerbangan JT-507 ini melayani rute Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah (SRG) tujuan menuju Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK). Penerbangan ini membawa tujuh kru pesawat dan 175 penumpang.

“Pukul 13.00 WIB, pesawat didorong mundur (pushback) dan bersiap mengarah ke landas hubung (taxiway). Ketika posisi pesawat masih berada di landas parkir (apron), pilot memutuskan untuk kembali ke landas parkir (return to apron/ RTA),” terang Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan persnya sore ini.

Menurutnya, keputusan tersebut dilakukan pilot untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, karena pesawat mengalami kendala teknis.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan teknisi, pesawat membutuhkan penggantian komponen. Proses pengerjaan membutuhkan waktu yang cukup signifikan karena menunggu komponen tersebut didatangkan dari Jakarta. Akibatnya, penerbangan mengalami keterlambatan.

“Lion Air telah menerbangkan 19 penumpang JT-507 dengan penerbangan lainnya (endorse). Lion Air akan memberangkatkan kembali penumpang JT-507, yang direncanakan menggunakan penerbangan berikutnya,” tutup Danang.