Mon. Mar 25th, 2019

Bantu Padamkan Kapal Terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Kapal KPLP Disiagakan

16 kapal nelayan terbakar di Pelabuhan perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019) sore. Sumber gambar: Detik

Untuk membantu proses pemadaman kebakaran 16 unit kapal nelayan di Pelabuhan perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru Jakarta Utara, Ditjen Perhubungan Laut menyiagakan tiga unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

Kebakaran terjadi Sabtu (23/2/2019) sore sekitar pukul 15.30 WIB dan berawal dari salah satu kapal nelayan. Posisi kapal-kapal yang terbakar tersebut terletak di dermaga pelabuhan yang berada tepat di depan Kantor Syahbandar Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad mengatakan bahwa kapal patroli KPLP yang disiagakan di alur masuk pelabuhan perikanan tersebut adalah KNP.356 dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dan KNP. 111 Trisula serta KNP.114 Alugara dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok.

“Kapal-kapal tersebut standby di alur masuk pelabuhan dan belum bisa mendekat ke lokasi karena pelabuhan sangat padat dengan kapal penangkap ikan yang menghindari kebakaran tersebut,” kata Ahmad.

PT Pelindo II telah mengerahkan satu unit kapal Tug Boat TB. SDS 26 dari Kepanduan Pelindo II Tanjung Priok untuk membantu proses pemadaman api.

Hingga berita ini diturunkan, proses pemadaman masih terus dilakukan oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara yang mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran. Proses pemadaman juga dibantu satu unit Tug Boat TB. Antasena milik Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat musibah kebakaran kapal penangkap ikan tersebut,” ungkap Ahmad.

Sementara itu, di lokasi pelabuhan perikanan tersebut juga telah disiapkan lima unit ambulance, satu unit kendaraan Satpol PP dan satu unit kendaraan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.