Wed. May 22nd, 2019

Aksi Mogok Serikat Pekerja Ganggu Penerbangan Bandara Internasional Kenya

Aksi mogok Serikat Pekerja Penerbangan Kenya (KAWU) di Jomo Kenyatta International Airport. Sumber gambar: Pulse Kenya.

Aksi mogok yang dilakukan Serikat Pekerja Penerbangan Kenya (KAWU) berdampak pada terganggunya sejumlah kegiatan penerbangan di Jomo Kenyatta International Airport, Rabu (6/3/2019) pagi waktu setempat.

Menurut Maskapai penerbangan Kenya Airways, aksi ini dipicu perselisihan hubungan industrial antara KAWU dengan pihak maskapai.

Menurut pantauan Reuters, ratusan penumpang menunggu di luar terminal domestik dan polisi antihuru-hara membubarkan staf yang sedang berjaga. Tiga pesawat lepas landas sekitar pukul 08.30 waktu setempat meski terjadi aksi mogok.

“Penumpang dengan penerbangan setelah pukul 11.00 waktu setempat disarankan agar tidak datang ke bandara hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis Kenya Airways di akun Twitternya.

Aksi mogok di bandara utama Kenya ini merupakan buntut dari perselisihan hubungan industrial yang terjadi sebelumnya antara KAWU dengan maskapai.

Ketua serikat pekerja, Moss Ndiema ditahan sesaat setelah melakukan orasi di bandara. Sebelumnya, keputusan pengadilan memerintahkan agar rencana aksi mogok ditunda.