Empat Jam Menunggu di Area Pengambilan Bagasi




Assalamualaikum semua …

Penerbangan sembilan jam dengan Thai Airways dari Bandara Internasional Suvarnabhumi (BKK), Bangkok, ke Bandara Internasional Domodedovo (DME), Moskow, cukup menyenangkan. Pesawat tak penuh, sehingga kami bisa leluasa bergerak. Ke lavatory pun tak harus antre.

Tiba sekitar pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 20.00 waktu di Jakarta pada 4 Oktober 2018, disambut hawa dingin khas negara empat musim. Sampai di antrean imigrasi, cukup penuh karena areanya tak luas. Ruangnya bergaya zaman tahun 1990-an dengan ruang petugas bertutup kaca.

Lancar, walaupun memakan waktu lebih dari 40 menit karena prosesnya masih semi manual. Namun ada satu rekan seperjalanan yang terkena hambatan tertahan di ruang pemeriksaan. Tak ada pemeriksaan khusus, lebih karena kendala bahasa –banyak petugas imigrasinya tak bisa berbahasa Inggris– kiranya. Namun kami harus menunggu hampir empat jam, sampai akhirnya rekan tersebut lolos juga.

Menunggu di area pengambilan bagasi menyenangkan juga. Ada tiga conveyor belt di sana dan bergerak terus mengeluarkan bagasi-bagasi penumpang. Menyenangkan melihat banyak penumpang dari berbagai negara yang turun dari pesawat milik Emirates, Ural Airways, atau S7, beberapa maskapai yang terbang ke DME.

Setelah beres urusan di bandara, kami naik AeroExpress, kereta bandara, menuju hotel tempat menginap di area Paveletskaya Square, Moskow. Untuk sampai ke stasiun kereta, kamk naik ke area keberangkatan. Pada pukul 21.00 itu ruang check in DME penuh orang. Moskow sekarang memang terbuka dan mulai banyak diminati wisatawan, khususnya dari Asia.

Disambut hujan tak lebat, kami keluar terminal menuju gerbang ke stasiun AeroExpress. Tak jauh, hanya sekitar 50 meter. Beli tiket di konter stasiun dengan tarif keluarga (family) lebih murah daripada harga satuan. Satu keluarga empat orang tarifnya 900 rubel, kalau per orang 500 rubel. Untuk tiket per orang bisa juga beli lewat mesin yang ada di terminal bandara.

Hanya satu rute kereta dari bandara, yakni stasiun DME-stasiun Paveletskaya dan sebaliknya. Seperti kereta bandara di Jakarta, tidak penuh penumpang. Waktu tempuhnya sekitar satu jam. Sampai juga ke hotel yang bersih dan nyaman, Istirahat untuk besok memulai mengeksplorasi Moskow, yang pertama Red Square.




Ayo baca ini juga….