Ciri-Ciri Poster

mentor

Poster merupakan salah satu media promosi yang banyak digunakan karena memiliki sifat visual yang menarik. Poster dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti jalanan, pusat perbelanjaan, hingga sekolah. Berbagai macam informasi penting dapat disampaikan melalui poster, mulai dari pengumuman, ajakan, hingga promosi produk.

Agar dapat menarik perhatian masyarakat, poster harus memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri tersebut antara lain:

Ciri-Ciri Poster

labour ciri slogans menarik landry jude efektif strategis pasang ditempat

Desain yang Mencolok dan Menarik

Poster biasanya memiliki desain yang mencolok dan menarik perhatian. Hal ini bertujuan agar poster dapat dilihat dan dibaca oleh banyak orang. Desain poster biasanya menggunakan warna-warna cerah, gambar yang menarik, dan tipografi yang mudah dibaca.

CiriContohFungsi
Warna cerahMerah, kuning, hijau, biruMenarik perhatian dan membuat poster terlihat menonjol
Gambar menarikFoto, ilustrasi, atau desain grafisMenjelaskan informasi atau menggugah emosi
Tipografi mudah dibacaUkuran font besar, jenis font yang jelasMemudahkan pembaca memahami isi poster

Penggunaan Gambar yang Jelas dan Tepat

Poster biasanya selalu mengandung gambar yang jelas dan tepat. Gambar tersebut dapat berupa foto, ilustrasi, atau desain grafis. Gambar pada poster berfungsi untuk menjelaskan informasi atau menggugah emosi pembaca.

Misalnya, poster yang mempromosikan produk makanan biasanya menggunakan gambar makanan yang terlihat lezat dan menggugah selera. Poster yang mengajak masyarakat untuk melakukan donasi biasanya menggunakan gambar orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Penempatan Strategis

Poster biasanya dipasang di tempat-tempat yang strategis. Hal ini bertujuan agar poster dapat dilihat oleh banyak orang. Tempat-tempat strategis untuk memasang poster antara lain:

  • Jalanan yang ramai
  • Pusat perbelanjaan
  • Sekolah
  • Tempat umum lainnya
Baca Juga :  Cooling Down

Ciri yang Bukan Ciri Poster

Selain ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, ada juga ciri yang bukan merupakan ciri poster. Ciri tersebut adalah:

Berisi Kalimat yang Panjang dan Sulit Dipahami

Poster tidak berisi kalimat yang panjang dan sulit dipahami. Hal ini karena poster harus dapat dibaca dengan cepat dan mudah. Kalimat pada poster biasanya singkat, padat, dan jelas.

Misalnya, poster yang mempromosikan produk makanan tidak akan berisi deskripsi produk yang panjang dan bertele-tele. Poster tersebut hanya akan berisi informasi penting tentang produk, seperti nama produk, harga, dan manfaat produk.

Kesimpulan

Ciri-ciri Poster

Poster merupakan media promosi yang efektif karena memiliki ciri-ciri yang menarik perhatian. Ciri-ciri tersebut antara lain desain yang mencolok, penggunaan gambar yang jelas dan tepat, serta penempatan strategis. Poster yang memiliki ciri-ciri tersebut akan dapat menyampaikan informasi penting kepada masyarakat dengan efektif.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags