Kelompok Kata Baku

mentor

Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa yang telah disepakati. Penggunaan kata baku penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, pekerjaan, hingga komunikasi sehari-hari. Kelompok kata baku yang tepat dapat meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme kita.

Dalam konteks tertentu, penggunaan kelompok kata baku yang benar menjadi krusial. Salah satu contohnya adalah dalam ujian atau seleksi pekerjaan. Kemampuan menggunakan kelompok kata baku yang tepat dapat membedakan kita dari kandidat lainnya.

Jawaban yang Benar

Jawaban B. ijazah, karier, sistem

Kelompok kata yang baku adalah ijazah, karier, dan sistem. Kata ijazah merupakan kata baku dari ijasah, karier merupakan kata baku dari karir, dan sistem merupakan kata baku dari sistem.

Pembahasan dan Penjelasan Jawaban

Kelompok Kata Baku

Jawaban A. ijazah, izin, karir

Jawaban ini salah karena kata karir tidak baku. Kata baku dari karir adalah karier.

Jawaban B. ijazah, karier, sistem

Jawaban ini benar karena semua kata yang digunakan merupakan kata baku.

Jawaban C. izin, karier, analisa

Jawaban ini salah karena kata analisa tidak baku. Kata baku dari analisa adalah analisis.

Jawaban D. aktiv, izin, apotek

Jawaban ini salah karena kata aktiv tidak baku. Kata baku dari aktiv adalah aktif.

Jawaban E. Semua jawaban benar

Jawaban ini salah karena jawaban C dan D tidak benar.

Kata Baku

Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa yang telah disepakati. Penggunaan kata baku sangat penting dalam komunikasi formal, seperti dalam penulisan ilmiah, surat resmi, atau pidato.

Baca Juga :  ** Direct Message

Izin

Izin adalah kata baku yang berarti permohonan atau persetujuan. Kata izin digunakan dalam konteks formal, seperti izin masuk, izin cuti, atau izin usaha.

Karier

Karier adalah kata baku yang berarti pekerjaan atau profesi yang ditekuni seseorang dalam jangka waktu yang panjang. Kata karier digunakan dalam konteks profesional, seperti karier di bidang pendidikan, kesehatan, atau teknologi.

Analisis

Analisis adalah kata baku yang berarti penguraian atau pemeriksaan suatu masalah atau objek. Kata analisis digunakan dalam konteks ilmiah, seperti analisis data, analisis SWOT, atau analisis statistik.

Sistem Izin

Kelompok Kata Baku terbaru

Sistem izin adalah serangkaian aturan dan prosedur yang mengatur pemberian dan penggunaan izin. Sistem izin digunakan dalam berbagai bidang, seperti izin usaha, izin mengemudi, atau izin tinggal.

Aktiv

Aktiv adalah kata tidak baku yang berarti aktif. Kata aktiv sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, tetapi tidak sesuai untuk digunakan dalam konteks formal.

Kesimpulan

Penggunaan kelompok kata baku yang tepat sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Kelompok kata baku yang benar dapat meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan menggunakan kelompok kata baku dengan baik.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags