Mon. Apr 22nd, 2019

Dekompresi, Singapore Airlines Kembali Ke Bandara Changi

singapore airlines

Kondisi saat terjadi dekompresi di pesawat Singapore Airlines penerbangan SQ336, Senin (19/11/2018). Foto: Twitter/@jcgrenoble.

Penerbangan Singapore Airlines (SIA) dari Changi menuju Paris mengalami masalah teknis saat telah mengudara. Pesawat kehilangan tekanan udara kabin (dekompresi) tak lama setelah lepas landas dan pilot memutuskan untuk kembali (return to base/RTB) ke Bandara Changi.

Sesuai jadwal, pesawat dengan nomor penerbangan SQ336 berangkat Senin (19/11/2018) dini hari pukul 12.46 waktu Singapura dan dijadwalkan akan tiba di ibukota Perancis pukul 7.17 pagi waktu Perancis (14.15 waktu Singapura).

Dari situs wab pelacakan penerbangan Flightradar24, pesawat beregistrasi 77W ini naik ke ketinggian 24.000 kaki sekitar 15 menit setelah lepas landas dan telah berada di wilayah udara Malaysia. Kemudian pesawat menurunkan ketinggian hingga 6.000 kaki saat penerbangan kembali menuju bandara.

singapore airlines
Rekam jejak penerbangan armada pesawat Boeing 777-300ER Singapore Airlines beregistrasi 77W penerbangan SQ336. Gambar: Flightradar24.

Mengutip pemberitaan Channel NewsAsia (19/11/2018), juru bicara maskapai mengatakan bahwa pesawat jenis Boeing 777-300ER tak bisa langsung mendarat karena harus berputar (holding) selama satu jam sambil membuang bahan bakar.

Masker oksigen pun diturunkan sebagai tindakan pencegahan selama penerbangan kembali menuju bandara.

Pukul 14.40 pesawat akhirnya berhasil mendarat kembali di Bandara Changi. Pihak manajemen SIA menyebutkan bahwa tidak ada penumpang ataupun awak pesawat yang terluka saat peristiwa itu.

Dalam penerbangan itu, pesawat membawa kru pesawat dan mengangkut 234 orang penumpang, termasuk seorang bayi.

Seorang penumpang penerbangan tersebut melalui akun twitternya, @jcgrenoble, mengunggah foto saat kondisi mencekam itu terjadi di kabin. Terlihat masker oksigen di kabin diturunkan dari tempatnya yang berada tepat di atas kursi-kursi penumpang.

https://platform.twitter.com/widgets.js

Dari cuitannya di akun sosial media tersebut, ia dipindahkan ke penerbangan Singapore Airlines, karena penerbangan Air France rute Singapura-Paris yang seharusnya ia tumpangi dibatalkan lantaran masalah teknis.

Pihak manajemen SIA memutuskan untuk mengganti pesawat dan memberangkatkannya lagi pukul 06.00 pagi waktu Singapura dan diperkirakan akan sampai di Paris pukul 12.17 malam (waktu Paris)–terlambat lima jam dari waktu yang dijadwalkan semula.

Baca juga ini ya...