Nilai Ekspresi Boolean

mentor

Dalam dunia pemrograman, ekspresi Boolean memegang peranan penting sebagai penguji kondisi dan pengambil keputusan. Ekspresi ini menghasilkan nilai Boolean, yang hanya bisa berupa true atau false. Nilai-nilai ini mewakili kebenaran atau kesalahan suatu kondisi, menentukan alur eksekusi program.

Nilai Boolean dalam ekspresi Boolean dapat berasal dari beberapa sumber:

Nilai True/False yang Ditetapkan

Nilai Ekspresi Boolean terbaru

True/False sebagai Nilai yang Diuji

Nilai true dan false adalah nilai Boolean dasar yang dapat ditetapkan langsung dalam ekspresi. Ini adalah nilai literal yang tidak berubah dan menunjukkan kebenaran atau kesalahan absolut.

Contoh:

  • true
  • false

Variabel Boolean

Nilai Ekspresi Boolean terbaru

Variabel dalam Ekspresi Boolean

Variabel Boolean adalah variabel yang menyimpan nilai true atau false. Variabel ini dapat dideklarasikan dan diberi nilai, memungkinkan manipulasi dan penggunaan nilai Boolean dalam ekspresi yang lebih kompleks.

Contoh:

  • var isTrue = true;
  • var isFalse = false;

Operasi Logika

Operator Logika Boolean

Operator logika adalah operator khusus yang digunakan untuk menggabungkan dan memodifikasi nilai Boolean. Operator ini memungkinkan kita untuk membuat ekspresi Boolean yang lebih kompleks dan mengevaluasi beberapa kondisi sekaligus.

OperatorFungsi
ANDMengembalikan true jika kedua operan true, false sebaliknya.
ORMengembalikan true jika salah satu operan true, false jika keduanya false.
NOTMengembalikan kebalikan dari operan.
XORMengembalikan true jika hanya salah satu operan true, false jika keduanya true atau false.

Ekspresi Logika Boolean

Ekspresi logika adalah kombinasi nilai Boolean, variabel, dan operator logika yang menghasilkan nilai Boolean. Ekspresi ini digunakan untuk mengevaluasi kondisi dan menentukan kebenaran atau kesalahan pernyataan.

Baca Juga :  Menguak Makna "Ora Sido": Ungkapan Bahasa Jawa yang Sarat Makna

Contoh:

  • (isTrue AND isFalse)
  • (isFalse OR isTrue)
  • NOT (isTrue XOR isFalse)

Kesimpulan

Nilai yang diuji dalam ekspresi Boolean adalah dasar dari pemrosesan logika dalam pemrograman. Nilai-nilai ini dapat berupa nilai true atau false yang ditetapkan, variabel Boolean, atau hasil dari operasi logika. Memahami nilai-nilai ini sangat penting untuk membangun ekspresi Boolean yang akurat dan efektif, memungkinkan kita untuk mengendalikan alur program dan membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags