Critical Eleven, Saat Paling Menegangkan Terbang dengan Pesawat Udara




critical elevent
Foto: okezone.com

Di dunia penerbangan ada istilah yang dikenal dengan sebutan ‘Critical Eleven’, yakni saat-saat yang yang paling rawan terjadi kecelakaan pesawat. Biasanya hal ini terjadi saat delapan menit setelah pesawat lepas landas dan tiga menit saat pesawat akan mendarat.

Jika anda perhatikan, sebelum lepas landas dan mendarat biasanya pramugari akan selalu mengimbau penumpang melakukan tiga hal.

Tentu ketiga hal tersebut tidak boleh diabaikan oleh seluruh penumpang, karena menyangkut langkah antisipasi kala terjadi hal-hal yang sangat tidak diinginkan ketika terbang dengan pesawat udara.

Ketiga hal tersebut adalah penumpang diminta untuk menegakkan sandaran kursi, melipat meja dan membuka penutup jendela saat pesawat hendak lepas landas dan mendarat.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan?

Dengan menegakkan sandaran kursi dan melipat meja, maka semua pennumpang akan dapat sesegera mungkin lari keluar dengan lebih leluasa.

Sementara membuka penutup jendela bertujuan agar penumpang bisa melihat keadaan di luar pesawat. Misalnya saja jika ada kebakaran di sayap pesawat yang tidak bisa dilihat oleh pilot dari kokpit.

Demi kenyamanan dan keselamatan bersama dalam penerbangan, mulai sekarang kalian jangan ragu ya untuk menegur penumpang lain, khususnya yang ada di depan atau di samping kursi duduk kalian untuk belum mengindahkan imbauan pramugari untuk melakukan tiga hal tersebut.

Kenapa? Karena kalau terjadi pendaratan darurat, kalian sendiri yang akan kesulitan untuk bisa segera keluar dari kursi untuk menyelamatkan diri. Karena bisa saja dalam kondisi kritis suplai oksigen di pesawat semakin terbatas.

Jika pesawat mendarat darurat di perairan, seluruh penumpang hanya punya waktu 90 detik untuk keluar sebelum pesawat tenggelam.

Sedangkan jika pesawat melakukan pendaratan darurat di darat dengan keras, bukan hal yang tidak mungkin pesawat bisa meledak. 90 detik menjadi waktu paling kritis untuk kalian bisa keluar dari pesawat.




Ayo baca ini juga….