Citilink dan TransNusa Segera Buka Rute Baru dari Bandara Kertajati




Airbus A320 Citilink.
Airbus A320 Citilink.

 

Mulai lusa (9/11/2018), rute penerbangan dari Bandara Internasional Kertajati (KJT) akan bertambah. Masih diterbangi Citilink Indonesia, yang sejak 1 Juli 2018 sudah terbang setiap hari sekali ke Bandara Internasional Juanda (SUB) di Surabaya, tapi kali ini ke Bandara Internasional Kualanamu (KNO) di Deli Serdang, Sumatera Utara. Dua hari kemudian (11/11/2018), TransNusa juga akan terbang ke Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG) di Semarang, dan ke Bandara Radin Inten II (TKG) di Bandar Lampung.

Alhamdulillah, maskapai Citilink akan melakukan penerbangan keduanya dari Bandara Kertajati,” kata Virda Dimas Ekaputra, Direktur Utama PT BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) di Bandung, Kamis (1/11/2018).

Penerbangan dengan pesawat Airbus A320 Citilink akan dimulai dari KNO, yang terbang pagi, pukul 05.40 WIB. Pesawat tiba di KJT pukul 08.05 WIB dan berangkat lagi 40 menit kemudian menuju KNO dengan lama penerbangan 2 jam 40 menit.

Menurut Vice President Revenue Management Citilink Indonesia, Agus Irianto, untuk tahap awal, penerbangan ke Medan itu akan dioperasikan tiga kali seminggu pada Rabu, Jumat, dan Ahad. “Kami akan terus mengkaji penerbangan dari Kertajati ini karena kami berharap Kertajati menjadi bandara kedua terbesar setelah Soekarno-Hatta. Kami pula yang terbang perdana komersial di Kertajati,” ujarnya.

Virda mengatakan, rute KJT-KNO belum diterbangi tiap hari untuk melihat permintaan pasarnya. “Dari hasil riset kita, Kertajati-Kualanamu adalah yang high recomended. Maka kami diskusikan dengan airlines, yang akhirnya disambut baik oleh Citilink,” tuturnya.

Virda pun menambahkan, rute KJT-KNO akan diminati masyarakat karena dari catchment area Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) kebutuhan penerbangan menuju Medan cukup besar. Destinasi lain juga terus dijajaki, seperti Denpasar, Yogyakarta, Makasar, dan Jakarta, agar penerbangan dari Bandara Kertajati bisa lebih atraktif.

Sebelum destinasi-destinasi tersebut diterbangi, rupanya destinasi Semarang dan Bandar Lampung yang segera diterbangi oleh TransNusa. Managing Director TransNusa, Bayu Sutanto mengiyakan dan katanya akan terbang pada pertengahan November 2018. “TransNusa terbang rute Semarang-Kertajati-Bandar Lampung dengan pesawat ATR 72-600,” ujarnya.

Adapun untuk rute internasional, dari 13 Oktober 2018 baru Lion Air yang terbang carter seminggu sekali menggunakan Boeing 737 MAX 8 ke Madinah. KJT memang sudah memiliki izin terbang langsung ke Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz (MED) di Madinah.

Managing Director Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, segera akan menambah frekuensi penerbangannya menjadi dua kali seminggu. Di samping itu, Garuda Indonesia juga berencana terbang umroh menggunakan Airbus A330neo pada tahun 2019.

“Target kita sampai akhir tahun ini ingin bisa melayani 14 rute baik domestik ataupun internasional, yang dilakukan secara direct,” ucap Virda.




Ayo baca ini juga….