Fri. Jul 19th, 2019

Citilink dan Lion Air Taati Pemerintah Turunkan Harga Tiket, Kok AirAsia Enggak?

Sumber gambar: AirAsia

Pemerintah Senin (8/7/2019) petang mengumumkan kebijakan untuk menurunkan tarif penerbangan sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA) bagi maskapai Citilink Indonesia dan Lion Air. Meski sama-sama maskapai dengan layanan LCC, AirAsia Indonesia justru tidak ikut menurunkan harga.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono usai menggelar rapat koordinasi di Jakarta terkait penurunan tarif penerbangan ini menjelaskan, bahwa kebijakan tersebut hanya berlaku bagi Citilink Indonesia dan Lion Air. Sementara AirAsia Indonesia tidak terdampak kebijakan tersebut.

Namun demikian, Susiwijono mengatakan bahwa AirAsia Indonesia tetap diundang dalam rapat teknis yang digelar.

“AirAsia sudah kita undang di rapat teknis. Namun karena kebijakan ini sebenarnya kan untuk menurunkan penerbangan rute tertentu sampai dengan 50 persen. Itu yang terkena hanya dari Citilink dan dari Lion Air. Tapi AirAsia di rapat teknis kita libatkan semuanya,” terang Susiwijono di Jakarta, Senin petang.

Kebijakan tersebut menetapkan 62 penerbangan per hari dari Citilink Indonesia dan 146 pernerbangan perhari dari Lion Air akan diturunkan tarifnya sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA). Kebijakan ini akan efektif diberlakukan Kamis (11/7/2019) lusa.

“Jadi ada 62 flight-nya Citilink dan 146 flight-nya Lion Air per hari yang kita dedikasikan untuk menyediakan penerbangan murah dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi seat,” paparnya.

Dari alokasi 30 persen tersebut, dalam sehari terdapat 3348 kursi yang disediakan Citilink Indonesia dan 8278 kursi yang disediakan Lion Air per harinya untuk diberlakukan tarif murah tersebut.

Kebijakan penurunan tarif ini akan berlaku setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu dari pukul 10.00 hingga 14.00 pada zona waktu masing-masing bandara.

“Kita akan mulai efektif pemberlakuan kebijakan tadi sejak hari Kamis, 11 Juli 2019. Kenapa? Karena untuk penyesuaian sistem membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari,” jelas Susiwijono.

Baca juga ini ya...