Ciopaer Brazil Terima Kiriman Perdana Dua Unit H135 Bersistem Helionix




h135
Dua armada helikopter H135 bersistem Helionix Ciopaer (Kepolisian Brazil) dengan nomor ekor 08 dan 09. (Foto: Airbus Helicopters)

Centro Integrado de Operações Aéreas (Ciopaer) atau Pusat Operasi Udara Terpadu (Polisi Udara) Brazil baru-baru ini menerima kiriman dua unit helikopter H135 bersistem Helionix dengan konfigurasi polisi dari Airbus Helicopters.

Heli tersebut akan memperkuat keamanan publik (Kepolisian) di Negara Bagian Ceará, serta difungsikan untuk memberi dukungan operasi aeromedis di wilayah negara bagian lainnya.

Armada helikopter pabrikan Airbus yang saat ini dimiliki Ciopaer terdiri dari dua AS350/H125 Écureuil (Squirrel) dan empat helikopter bermesin ganda dari keluarga H135 dan H145.

“Beban kerja pilot difasilitasi oleh stabilitas pesawat, yang membantu mempertahankan ketinggian secara konstan,” ujar sumber dari Ciopaer, Letnan Kolonel Marcus Costa, Senin (22/10/2018).

Helikopter ini dapat diawaki tujuh orang, terdiri dari dua pilot dan lima kru. Heli ini juga dibekali kemampuan terbang secara otonom hingga lebih dari tiga jam. Selain itu, H135 pesanan Ciopaer juga dilengkapi dengan peralatan khusus seperti lampu sorot, kerekan (winch) listrik, perangkat penyelamatan dan kamera infamerah.

Pengiriman dua unit heli ini juga sekaligus memperkuat kemitraan antara produsen helikopter asal Brazil, Helibras dengan Pemerintah Negara Bagian Ceará, di samping memperkuat armada helikopter bermesin kembar Ciopaer dengan produk besutan Airbus.

“Kami menghargai kepercayaan Ciopaer terhadap produk dan layanan kami,” ungkap Richard Marelli, CEO Helibras.

Helionix merupakan konsep peralatan elektronik helikopter dengan fitur standar dan telah tersedia di H175 dan H145. Di atas autopilot 4 sumbu, Helionix menawarkan tata letak kokpit inovatif yang membantu meningkatkan kewaspadaan situasional.

Sistem avionik tersebut memiliki tiga tampilan elektronik besar. Kokpitnya dilengkapi dengan Night Vision Goggle (NVG) yang kompatibel dan mencakup First Limit Indicator yang menampilkan data instrumen mesin kepada pilot dalam satu indikator.




Ayo baca ini juga….