Fri. May 24th, 2019

China Mulai Bangun Kapal Induk Generasi Terbaru

generasi terbaru

Jet tempur Shenyang J-15 Flying Shark di atas landasan pacu kapal induk CNS Liaoning. Foto: china.org.cn

Seperti kita ketahui, China telah memiliki dua kapal induk yang telah menjalani semua uji coba yang diperlukan sebelum berdinas. Sontak negara-negara tetangga seperti Korea Selatan dan Jepang semakin meningkatkan kewaspadaan terhadapnya. Beberapa hari lalu, media lokal di China mengabarkan bahwa negaranya telah memulai pembangunan kapal induk generasi terbaru.

Mengutip kantor berita China, Xinhua News Agency (25/11/2018), disebutkan bahwa Negeri Tirai Bambu ini tengah melakukan pembengunan kapal induk ketiga. Dua kapal induk perdananya telah menyelesaikan uji coba laut.

Saluran berita tersebut juga menyebutkan bahwa kapal induk ketiga akan dikirim sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sayangnya Xinhua tidak menyebutkan secara rinci apa perbedaan kapal induk ketiga dengan dua unit sebelumnya dan kapan akan mulai berdinas.

Kapal induk pertama China, CNS Liaoning (tipe 001) yang resmi diluncurkan pada 2012 silam telah mengambil debut berpartisipasi dalam laga latihan perang yang berlangsung di wilayah persengketaan di Laut China Selatan pada 18 April lalu.

Liaoning juga telah ditingkatkan kemampuannya dengan dibekali radar dan pusat kendali lalu lintas udara (ATC) terbaru. Kapal induk berbasis kelas Kuznetsov ini bahkan dicetuskan siap tempur pada tahun 2016.

Sementara itu, kapal induk kedua China juga telah sukses menajalani uji coba laut pada April 2018. Kapal induk kedua dijuluki dengan kode projek tipe 001A atau CV 17 ini mengarungi Laut Bohai dan Laut Kuning, yang merupakan area terlarang hingga 28 April 2018.

Seperti halnya Liaoning, tipe 001A juga merupakan kapal induk hasil modifikasi kapal jelajah bekas pakai Ukraina di era 1990an.

Baca juga ini ya...