Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus oleh Pengirim: Panduan Lengkap

mentor

Apakah Anda pernah penasaran dengan pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh pengirim? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Dalam panduan ini, kami akan mengungkap berbagai cara untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus, membantu Anda mengungkap rahasia yang tersembunyi.

Kami akan membahas aplikasi pihak ketiga, pengaturan perangkat, trik pemulihan data, dan banyak lagi. Jadi, mari kita menyelami dunia pesan WhatsApp yang dihapus dan mempelajari cara mengembalikannya.

Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus

Menghapus pesan WhatsApp bisa jadi merepotkan, tetapi ada beberapa cara untuk melihatnya kembali.

Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga memungkinkan Anda memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus, seperti WAMR atau WhatsRemoved+. Aplikasi ini memantau notifikasi Anda dan menyimpan pesan yang masuk, termasuk yang dihapus.

Pengaturan Perangkat

Jika Anda menggunakan Android, Anda dapat mengaktifkan fitur “Notifikasi Riwayat” di pengaturan ponsel Anda. Ini akan menyimpan semua notifikasi Anda, termasuk pesan WhatsApp yang dihapus.

Trik Pemulihan Data

Jika Anda telah mencadangkan riwayat WhatsApp Anda ke Google Drive atau iCloud, Anda dapat mencoba memulihkan pesan yang dihapus dari cadangan tersebut. Namun, ini hanya akan berfungsi jika cadangan dibuat sebelum pesan dihapus.

Pemberitahuan Pesan yang Dihapus

WhatsApp akan memberi tahu Anda ketika pesan dihapus oleh pengirim. Pemberitahuan ini biasanya muncul di kotak obrolan tempat pesan yang dihapus berada.

Baca Juga :  Aplikasi Timbangan Digital untuk HP: Panduan Lengkap untuk Menjaga Berat Badan

Ada beberapa jenis pemberitahuan yang mungkin Anda lihat, tergantung pada pengaturan Anda dan versi WhatsApp yang Anda gunakan:

Jenis Pemberitahuan

  • “Pesan ini telah dihapus”
  • “Pengirim telah menarik kembali pesan”
  • “Pesan ini telah dihapus oleh admin”

Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode bawaan tidak memungkinkan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus.

Aplikasi Populer

  • WhatsRemoved+: Memulihkan pesan, gambar, video, dan audio yang dihapus, kompatibel dengan Android dan iOS.
  • WA Deleted Messages: Memulihkan pesan teks, gambar, dan video yang dihapus, hanya kompatibel dengan Android.
  • WAMR (WhatsRemoved+ and More): Memulihkan pesan teks, gambar, video, dan audio yang dihapus, kompatibel dengan Android dan iOS.

Pengaturan Perangkat

Aktifkan pengaturan perangkat untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus dengan mengaktifkan pencadangan otomatis ke Google Drive.

Langkah-Langkah

  1. Buka WhatsApp dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  2. Pilih “Setelan” > “Chat” > “Cadangan Chat”.
  3. Aktifkan “Cadangkan ke Google Drive”.
  4. Pilih frekuensi pencadangan (harian, mingguan, atau bulanan).
  5. Ketuk “Akun Google” dan pilih akun Google yang ingin digunakan untuk pencadangan.

Trik Pemulihan Data

Jika Anda ingin memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus, berikut beberapa trik yang dapat membantu:

Menggunakan Penjelajah File

Jika Anda menggunakan Android, Anda dapat mencoba memulihkan pesan yang dihapus menggunakan penjelajah file. Penjelajah file akan memungkinkan Anda mengakses folder tersembunyi di ponsel Anda yang menyimpan cadangan pesan WhatsApp. Untuk melakukan ini:

  • Instal penjelajah file di ponsel Anda.
  • Buka penjelajah file dan navigasikan ke folder WhatsApp.
  • Buka folder “Databases”.
  • Cari file bernama “msgstore.db.crypt12”.
  • Salin file ini ke lokasi lain di ponsel Anda.
  • Ganti nama file menjadi “msgstore.db”.
  • Instal aplikasi pemulihan data di komputer Anda.
  • Hubungkan ponsel Anda ke komputer dan luncurkan aplikasi pemulihan data.
  • Pilih file “msgstore.db” dan mulai pemindaian.
  • Setelah pemindaian selesai, Anda akan dapat melihat pesan WhatsApp yang dihapus.
Baca Juga :  Aplikasi Pembersih Sampah dan Virus Tanpa Iklan: Jaga Perangkat Anda Bersih dan Aman

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Ada beberapa aplikasi pemulihan data yang tersedia yang dapat membantu Anda memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus. Aplikasi ini bekerja dengan memindai ponsel Anda untuk mencari file yang dihapus, termasuk pesan WhatsApp. Untuk menggunakan aplikasi pemulihan data:

  • Instal aplikasi pemulihan data di ponsel Anda.
  • Luncurkan aplikasi dan pilih opsi “Pulihkan Pesan WhatsApp”.
  • Aplikasi akan memindai ponsel Anda untuk mencari pesan WhatsApp yang dihapus.
  • Setelah pemindaian selesai, Anda akan dapat melihat pesan WhatsApp yang dihapus.

Batasan dan Risiko

cara melihat pesan wa yang dihapus oleh pengirim terbaru

Meskipun ada cara untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus, ada beberapa batasan dan risiko yang perlu diperhatikan:

Tidak Semua Pesan Dapat Dipulihkan

Tidak semua pesan WhatsApp yang dihapus dapat dipulihkan. Jika pengirim menghapus pesan sebelum disimpan ke perangkat penerima, pesan tersebut tidak dapat dipulihkan.

Akses Root atau Perangkat yang Di-jailbreak

Beberapa metode untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus memerlukan akses root pada perangkat Android atau perangkat yang di-jailbreak pada iOS. Hal ini dapat membatalkan garansi perangkat dan membuatnya lebih rentan terhadap malware.

Implikasi Hukum dan Etika

Melihat pesan WhatsApp yang dihapus menimbulkan pertanyaan hukum dan etika yang kompleks. Penting untuk memahami implikasi potensial sebelum menggunakan metode apa pun untuk melihat pesan yang dihapus.

Pelanggaran Privasi

Melihat pesan WhatsApp yang dihapus dapat dianggap sebagai pelanggaran privasi. Pengirim pesan memiliki hak untuk menghapus pesan mereka, dan melihatnya tanpa persetujuan mereka dapat melanggar hak tersebut.

Pelanggaran Hukum

Dalam beberapa kasus, melihat pesan WhatsApp yang dihapus dapat melanggar hukum. Misalnya, di beberapa yurisdiksi, tindakan tersebut dianggap sebagai penyadapan ilegal atau pelanggaran terhadap undang-undang perlindungan data.

Cara Mencegah Penghapusan Pesan

WhatsApp menyediakan beberapa fitur dan pengaturan yang dapat Anda aktifkan untuk mencegah penghapusan pesan oleh pengirim. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan:

Baca Juga :  Nikmati Serunya Sepak Bola Gratis dengan Aplikasi Nonton Bola Gratis

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penghapusan pesan adalah dengan mengaktifkan fitur “Cadangkan Chat”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat cadangan semua pesan WhatsApp Anda, termasuk pesan yang dihapus, ke akun Google Drive atau iCloud Anda. Dengan cara ini, jika pengirim menghapus pesan, Anda masih dapat memulihkannya dari cadangan.

Untuk mengaktifkan fitur “Cadangkan Chat”, buka WhatsApp dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian, ketuk “Setelan” > “Chat” > “Cadangan Chat”. Di sini, Anda dapat memilih frekuensi pencadangan (harian, mingguan, atau bulanan) dan akun tempat Anda ingin menyimpan cadangan.

Selain mengaktifkan fitur “Cadangkan Chat”, Anda juga dapat mengaktifkan fitur “Tampilkan Media” di galeri ponsel Anda. Fitur ini akan mencegah WhatsApp menghapus gambar atau video yang telah Anda unduh ke galeri Anda, bahkan jika pengirim menghapusnya dari obrolan.

Untuk mengaktifkan fitur “Tampilkan Media”, buka aplikasi Galeri di ponsel Anda dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian, ketuk “Setelan” > “Tampilkan Media”. Di sini, Anda dapat mengaktifkan opsi “Tampilkan Media dari WhatsApp”.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat melindungi pesan WhatsApp Anda dari penghapusan dan memastikan bahwa Anda dapat mengaksesnya kapan saja.

Pembaruan dan Tren Terbaru

cara melihat pesan wa yang dihapus oleh pengirim

Dunia aplikasi perpesanan terus berkembang, termasuk WhatsApp. Untuk tetap mengikuti perkembangan, penting untuk mengetahui fitur dan aplikasi terbaru yang tersedia untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus.

Salah satu pembaruan terbaru adalah kemampuan untuk memulihkan pesan yang dihapus melalui cadangan obrolan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan pesan yang dihapus dalam waktu 14 hari setelah dihapus. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan pencadangan obrolan di pengaturan WhatsApp mereka.

Aplikasi Pihak Ketiga

  • WAMR: Aplikasi ini memantau notifikasi dan menyimpan salinan pesan yang masuk, termasuk pesan yang dihapus.
  • WhatsRemoved+: Mirip dengan WAMR, aplikasi ini menyimpan salinan pesan dan media yang dihapus.
  • Notification History Log: Aplikasi ini mencatat semua notifikasi yang diterima, termasuk pesan WhatsApp yang dihapus.

Studi Kasus dan Contoh

Mari kita lihat studi kasus dan contoh nyata tentang bagaimana orang berhasil atau gagal melihat pesan WhatsApp yang dihapus.

Keberhasilan atau kegagalan tersebut bergantung pada berbagai faktor, seperti waktu penghapusan pesan, metode yang digunakan, dan fitur keamanan yang tersedia.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags